. Jokowi Minta Negara Hadir Antisipasi Terorisme saat Natal | BeritaSimalungun
Home » » Jokowi Minta Negara Hadir Antisipasi Terorisme saat Natal

Jokowi Minta Negara Hadir Antisipasi Terorisme saat Natal

Written By Beritasimalungun on Thursday, 17 December 2015 | 06:30

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin ratas bidang Polhukam, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (16/12) sore. (Foto: setkab.go.id)
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meminta aparat keamanan menjaga kondusivitas keamanan nasional selama perayaan Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

"Kita ingin agar pengawasan, pengamanan terhadap ruang-ruang publik, tempat-tempat publik, tempat ibadah, bandar udara, pelabuhan, stasiun, terminal bus, dan tempat-tempat yang lainnya harus ditingkatkan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari Rabu (16/12).

Presiden Jokowi menegaskan, negara harus hadir dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat di seluruh daerah. Dia juga meminta agar semua kemungkinan gangguan keamanan dapat diantisipasi, khususnya ancaman terorisme.

Dia menambahkan, ancaman terorisme sudah nyata dan menjadi topik pembicaraan utama saat dirinya bertemu dengan pemimpin negara lain.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menginginkan agar penanganan keamanan tidak hanya dilakukan dengan kontak senjata, tetapi juga meliputi deradikalisasi melalui pendekatan agama dan budaya.

"Ada hal yang lain yang bisa kita lakukan. Tidak hanya hard approach, tapi juga soft approach. Ini perlu kita lakukan dengan konsisten, tegas, dan berkesinambungan," katanya.

Diminta Sederhana

Di tempat berbeda, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatkan Presiden Jokowi  berencana keliling ke wilayah Indonesia Timur selama kurang lebih sepekan dalam rangka perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

"Presiden merencanakan lima, enam, tujuh hari ke Kupang, Papua dan sekitarnya," katanya.

Dia menambahkan, pada prinsipnya pemerintah telah siap untuk menyambut Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Kesiapan itu, menurut dia, dilihat dari berbagai indikator, diantaranya kebutuhan bahan pangan pokok yang terjaga dengan baik. "Harga-harga juga tidak terjadi kenaikan harga, seperti yang pernah terjadi karena inflasi bisa ditahan dengan baik," kata Pramono.

Selain itu, dia menyampaikan, transportasi juga dipastikannya telah tersedia dengan baik begitu pula dari sisi keamanan.

Pramono menambahkan, Presiden Jokowi berkeinginan meminta masyarakat menyambut Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 secara sederhana dan tidak berlebihan untuk memberikan keteladanan yang baik kepada sesama. 

"Kita juga perlu memberikan keteladanan kepada semuanya bahwa perayaan bisa berjalan dengan baik tanpa harus berlebihan, terutama yang diselenggarakan oleh hotel-hotel di berbagai tempat mudah-mudahan ini juga tidak menimbulkan kecemburuan," katanya.

Pemerintah, kata dia, juga telah memantau secara khusus, terutama agar ibadah Natal bisa berjalan dengan baik.


"Polisi telah mempersiapkan berbagai hal yang perlu dilakukan untuk antisipasi gangguan keamanan perayaan Natal," tutur Pramono. (Ant)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.