Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pilkada Serentak di 4 Daerah juga Terancam Tertunda, Termasuk Siantar dan Simalungun

Pilkada Serentak di 4 Daerah juga Terancam Tertunda
Ketua KPU Husni Kamil Manik (kedua dari kanan) beserta Komisioner KPU saat peluncuran aplikasi sistem penghitungan atau SITUNG di Gedung KPU, Jakarta, Senin (7/12/2015).Foto: agung pambudhy.

BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Pilkada pemilihan gubernur/wagub di Kalimantan Tengah ditunda. Selain itu ada 4 daerah lain yang terancam mengalami penundaan.

Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Simalungun Sumut, Manado Sulut, Pematangsiantar Sumut dan Fakfak, Papua Barat.

Kondisi ini sudah disampaikan KPU kepada Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Mendagri Tjahjo Kumolo. "Baru setelah itu kami mendapat sikap dari pemerintah bisa diputuskan. Ya sepertinya akan tertunda. Tapi keputusannya malam ini," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik usai mengikuti rapat di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (8/12/2015))

Sementara itu Luhut mengatakan, bila dilakukan penundaan maka waktu pelaksanaan pemungutan suara maksimal sepuluh hari dari jadwal Pilkada serentak pada Rabu (9/12/2015).

"Peraturannya paling lama sepuluh hari. Ya paling enggak satu minggu lah," ujar Luhut.

Namun belum bisa dipastikan soal penundaan sejumlah daerah ini. Seharusnya Pilkada digelar di 269 wilayah yakni 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota .

"Tapi kita masih tunggu nanti malam, tadi itu Gubernur Kalteng ya, satu lagi Manado, kemudian Pematang Siantar kemudia kita tunggu Simalungun. Jadi ada lima ya," kata Luhut. (Detik.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments