Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Polri Tetapkan Indonesia Berada di Status Siaga 1

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1396848243.jpgBERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan jika hari ini pihaknya menetapkan status siaga 1 untuk seluruh wilayah di Indonesia jelang pelaksanaan Pilkada serentak Rabu (9/12/2015).

"Mulai hari ini saya tetapkan status siaga 1 tersebut sampai kapan dicabutnya ya akan ditentukan kemudian. Arti dari siaga 1 adalah 3/4 kekuatan kita siap siaga di markas atau sesuai dengan plotting masing-masing," kata Badrodin saat dihubungi Rabu siang.

Sebelumnya Asisten Operasi Kapolri Irjen Unggung Cahyono mengatakan akan ada 192.000 personel satuan pengamanan yang disiapkan untuk mengamankan pilkada serentak yang digelar untuk pertamakalinya itu.

Sebanyak 192.000 personel itu adalah gabungan Polri, TNI, dan kekuatan lain seperti Satpol PP untuk terwujudnya pilkada yang tertib dan aman.

Menurung Unggung, terdapat 71 Polres di wilayah Indonesia yang perlu digarisbawahi dan masuk dalam status rawan 2 yang berarti memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Lalu ada 15 Polda yang masuk rawan 1. Misalnya Polda Riau, Jambi, Kepri, Banten, Jabar, Jateng, Bali, Jatim, dan NTB. Lalu juga Sulsel, Sultra, Sulteng, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Piljada dilaksanakan di seluruh wilayah kecuali di DKI Jakarta dan Nanggroe Aceh Darussalam. Pilkada digelar di tingkat gubernur di 9 Provinsi, tingkat bupati di 221 kabupaten, dan tingkat walikota di 36 Kota.

Polda-polda yang di wilayahnya tidak ada pilkada tetap siaga karena ‎kekuatan mereka sewaktu-waktu bisa dikerahkan ke wilayah lain untuk penebalan pengamanan. (BeritaSatu.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments