Home » , , » Anggaran Gaji Guru Honorer di Simalungun Hanya Batas Juni 2016

Anggaran Gaji Guru Honorer di Simalungun Hanya Batas Juni 2016

Written By Berita Simalungun on Thursday, 21 January 2016 | 12:32

Guru-guru honor berdialog dengan Plt Kadis Pendidikan Simalungun.IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba mengatakan, anggaran gaji guru honorer di Simalungun hanya ditanggung hingga Juni 2016. Selebihnya tak lagi ada pada APBD 2016 Simalungun. Ratusan guru honorer di Simalungun terancam berhenti tegak di sekolah negeri.

“Jadi begini, pilihannya emang pahit. Apakah guru honorer itu dirasionalisasi habis yang artinya tidak dipakai lagi atau tetap dipakai tapi gajinya dikurangi. Itu yang kita pilih, dipakai, tapi gajinya kita kurangi,” ujar Johalim Purba kepada wartawan.

Dia juga mengatakan anggaran gaji guru honorer masih ditampung hingga Juni 2016 ke depan. Disebutkan, mereka (guru honorer) itu sangat dibutuhkan di Kabupaten Simalungun. Sebab PNS yang tersedia masih kurang. 

“Oleh sebab itu kebijakan Pemerintah Daerah tahun yang lalu mengisyaratkan kita menerima guru honorer. Dan guru honorer itu rasanya jumlahnya 600 an,” terang Johalim.

Secara keseluruhan tenaga honorer ini menyedot APBD hampir 90 miliar. Artinya, bisa lebih besar biaya untuk membiayai honorer daripada penghasilan dari APBD. 

“Oleh sebab itu anggota Dewan berharap agar honorer itu sebaiknya diperkecil dengan bahasa lain dirasionalisasikan,” ujarnya. Jadi guru honorer ini masih ditolerir sampai bulan Juni 2016 nanti, berikutnya masih menunggu bagaimana perkembangan selanjutnya.

Sedangkan gaji yang belum dibayar, secepatnya akan diselesaikan karena sudah ditampung di APBD 2016. Dijelaskan lagi, guru honorer itu seharusnya bukan dikurangi malahan ditambahin dan gajinya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Disinggung masalah Plt Pangulu, Ketua DPRD Simalungun mengatakan bahwa DPRD sudah melakukan kesepakatan dengan eksekutif, dalam waktu dekat akan membahas Perda tentang desa itu, termasuk perda tentang siapa yang bisa menjadi Plt Pangulu. 

“Tentu itu adalah PNS dan kita harapkan dalam waktu dekat pada bulan Februari 2016 nanti seluruhnya pelaksana Pangulu itu adalah PNS,” ujarnya. 

Setelah perdanya ada, paling tidak dipertengahan tahun ini dilaksanakanlah pemilihan dan pelantikan Pangulu se Kabupaten Simalungun. Anggaran pemilihan Pangulu sampai pelantikan Pangulu itu sudah ditampung di APBD 2016.(MSC) 
Share this article :

Post a Comment