}); Himapsi Minta Pemko Siantar Segera Bangun Tugu Raja Siantar | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Himapsi Minta Pemko Siantar Segera Bangun Tugu Raja Siantar

Himapsi Minta Pemko Siantar Segera Bangun Tugu Raja Siantar

Written By Beritasimalungun on Monday, 25 January 2016 | 22:17

peuf_20160122_473
Pengurus Himapsi Kota Siantar saat beraudensi dengan Penjabat Walikota Siantar Jumsadi Damanik,  Jumat  (22/1/2016).

BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Himpunan Mahasiswa dan Pemuda (Himapsi) Kota Siantar mengharapkan Pemko Siantar segera merealisasikan pembangunan Tugu Raja Sang Naualuh Damanik. Selain itu, Himapsi juga berharap pemko mereisi peraturan daerah (Perda) tentang ornamen Simalungun.


Hal itu disampaikan Rado Damanik, salah satu pengurus Himapsi Kota Siantar saat beraudensi dengan Penjabat Walikota Siantar Jumsadi Damanik,  Jumat  (22/1/2016).

Kedatangan pengurus caretaker Himpunan Mahasiswa dan Pemuda (Himapsi) Kota Siantar dipimpin Jhon Liben Saragih SH, untuk memberitahukan bahwa  selama ini mereka  telah melakukan Pagelaran Budaya Simalungun setiap bulannya pada minggu kedua di Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka.

Kegiatan ini, jelas Rado Damanik,  dimaksudkan menggugah kembali kepedulian generasi muda terhadap budaya Simalungun.

Selain itu kata Rado, Himapsi  juga mengharapkan agar Pemko Siantar segera menuntaskan pembahasan tentang perubahan Logo Kota Pematangsiantar, dan pemakaiaan batik daerah Simalungun di jajaran aparatur pada hari-hari tertentu.

Sementara Pj Walikota Siantar Jumsadi Damanik mengharapkan kaum muda Simalungun  bisa menciptakan beragam kreasi baru guna mendukung pengembangan dan kelestarian adat dan budaya kepada kalangan generasi muda.

Dengan demikian, anak-anak muda punya inovasi dan senantiasa mencintai budaya leluhurnya, di tengah arus perkembangan zaman yang semakin kompleks.

Pj Walikota juga menyatakan apresiasinya terhadap  kepedulian Himapsi kepada Pemko Siantar, terutama dalam pelestarian budaya Simalungun. Sekaitan dengan itulah Pj Walikota memberikan masukan kepada Himapsi agar mengupayakan ikat kepala pengganti “gotong” (penutup kepala berbahan batik khas Simalungun) khusus untuk anak-anak muda.

“Seperti di Bali, saya lihat anak-anak muda di sana bangga sekali menggunakan ikat kepala bernuansa budaya setempat. Apa bedanya dengan kita di sini rupanya? 

Kan banyak kreativitas yang bisa kita buat sembari mengembangkan khasanah budaya Simalungun ke publik, utamanya kita mulai dari pakaian khas Simalungun ala anak muda,”ujarnya memberi motivasi.

Mengenai sejumlah masukan yang disampaikan Pengurus Himapsi, Pj Walikota sangat meresponnya. Khusus pembangunan Tugu Sang Naualuh, Pj Walikota bahkan memberikan wacana agar dibangun di Lapangan Adam Malik, sehingga berada persis di pusat kota, yang dapat dilihat dari segala penjuru kota.


“Jangan kita bangun tugunya di tepi sungai atau di tempat-tempat yang jauh dari perhatian orang. Sebagai raja, beliau harus kita tempatkan di posisi yang benar dan bisa menarik perhatian semua orang, katanya. (Rel/Lee)
Share this article :

Post a Comment