}); Jalan Sentra Pertanian Butuh Perbaikan | BeritaSimalungun
Home » , » Jalan Sentra Pertanian Butuh Perbaikan

Jalan Sentra Pertanian Butuh Perbaikan

Written By Beritasimalungun on Sunday, 24 January 2016 | 13:54

Sekitar 10 KM Jalan Rusak Parah dari Simpang Bage hingga Bage, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jalan lintasan ini merupakan jalan hasil pertanian mulai dari nagori Sihalpe, Binangara, Gaol, nagori Purba, Hutaimbaru, Soping, Soping Saba, Baluhut, Bage, Kabupaten Simalungun ke Pekan Saribudolok. Foto Asenk Lee Saragih. 

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Jalan umum kawasan penghasil komoditas pertanian Simpang Pajak Negeri Desa Bandar Rakyat-Pekan Pematang Bandar sepanjang kira-kira 11 kilometer, membutuhkan perbaikan secara total.



"Tak nampak lagi aspalnya, terbenam tanam dan batuan padas, sepanjang jalan," kata Edi (44), warga Desa Bandar Rakyat, Kecamatan Bandar, Rabu.(Baca Juga: Inilah Potret Kerusakan Jalan Sirpang Bage-Bage)

Edi mengatakan, jalan penghubung dua kecamatan itu terus mengalami kerusakan, karena dilintasi truk sawit yang berbadan besar dengan sarat muatan.

Perbaikan secara tambal sulam tetap diagendakan pemerintah kabupaten setiap tahun, kecuali dalam pemerintahan lima tahun.

"Tidak pernah lagi, jadinya warga swadaya menimbun batu padas, tetapi hanya bertahan beberapa bulan," kata Edi.

Ia berharap kedepan pemerintah memberikan perhatian ke desa tersebut, dan menertibkan truk lintas yang tidak sesuai klasifikasi jalan kabupaten.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Simalungun Mixnon Andreas Simamora menjelaskan, tahun 2016 pemkab mengalihkan program pembangunan dengan menitikberatkan pada infrastruktur jalan.

"Jalan-jalan strategis yang mendukung pertanian dan pariwisata menjadi prioritas. Dalam waktu dekat, setelah proses tender, bisa dikerjakan," kata Mixnon. (AN)
Share this article :

Post a Comment