Home » , , » Jalan Tol Dibangun, Medan-Danau Toba Cuma 90 Menit

Jalan Tol Dibangun, Medan-Danau Toba Cuma 90 Menit

Written By Berita Simalungun on Friday, 15 January 2016 | 19:06

JALAN LINTAS KELILING DANAU TOBA DI NAGORI HUTAIMBARU, KECAMATAN PAMATANG SILIMAKUTA. KABUPATEN SIMALUNGUN. FOTO MINGGU 3 JAN 2016. ASENK LEE SARAGIH. 

JALAN LINTAS KELILING DANAU TOBA DI NAGORI HUTAIMBARU, KECAMATAN PAMATANG SILIMAKUTA. KABUPATEN SIMALUNGUN. FOTO MINGGU 3 JAN 2016. ASENK LEE SARAGIH. 
BERITASIMALUNGUN.COM-Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan betapa pentingnya badan otorita pariwisata untuk Indonesia, khususnya Danau Toba. Pemerintah menegaskan akan membenahi Danau Toba sebagai destinis wisata nomor satu di tanah air.

“Bayangkan, satu perusahaan punya 7 CEO, itu nggak bisa jalan perusahannya,” ujar Arief dalam rakor Badan Otorita Pengelola Danau Toba belum lama ini.

Perkataannya itu memang menyinggung soal pengelolaan Danau Toba. Bukan tanpa sebab, karena memang ada tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba yang masing-masing punya ide dan visi.

“Itu namanya critical success factor. Saya nggak akan ke sini, kalau tujuh bupati itu tidak tanda tangan dalam satu surat. Akhirnya sudah tercapai,” katanya.

Dia menambahkan, anggaran pembangunan infrastruktur kawasan Danau Toba yang dialokasikan sebesar Rp21 triliun, di mana Rp10 triliun bersumber dari APBN dan sisanya dengan menggandeng pihak swasta untuk ikut dalam membangunan destinasi Sumut.

“Kita berharap, dengan terbangunnya infrastruktur Danau Toba yang lebih baik lagi dapat mendorong peningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal dan mancanegara untuk datang ke Sumut,” ujarnya.

“Kita targetkan akan mendatangkan 1 juta kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Kunjungan wisatawan akan mendongkrak pertambahan devisa negara yang diprediksi mencapai puluhan triliun rupiah,” tambah Arief.

Sementara itu, Menteri PU Pera Basuki Hadimuljono menyebutkan, insfrastruktur jalan tol yang akan dibangun menuju destinasi Danau Toba sepanjang 116 kilometer dengan jarak tempuh waktu 90 menit.

“Selama ini bila ingin ke Danau Toba dari Medan ke Parapat membutuhkan waktu 5-6 jam. Adanya jalan alternatif akan mempersingkat perjalanan wisatawan ke Danau Toba. Inilah yang diharapkan menjadi daya tarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sumut,” katanya.

Bukan itu saja, jalan alternatif lain juga akan ditembus oleh pemerintah. Seperti jalan dari Sibolga menuju Danau Toba menjadi prioritas pemerintah untuk menembusnya.


Selain itu, membangun jalan lingkar Samosir. Statusnya akan menjadi jalan nasional. Transportasi lain yang akan diutamakan dalam pengembangan destinasi wisata Sumut adalah kereta api. Tapi masih dalam kajian lagi oleh pemerintah. (Lee)
Share this article :

Post a Comment