Home » , » Kedubes Jerman Bantu Kelompok Peternakan di Desa Gunung Huluan Kecamatan Raya

Kedubes Jerman Bantu Kelompok Peternakan di Desa Gunung Huluan Kecamatan Raya

Written By Beritasimalungun on Saturday, 30 January 2016 | 07:40

Kedubes Jerman yang diwakili Maddest Annette Sthepanie foto bersama dengan kelompok ternak di Desa Gunung Huluan Kecamatan Raya.
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Kedubes Jerman yang diwakili Maddest Annette Sthepanie mengadakan temu ramah besama kelompok peternakan di Desa Gunung Huluan, Kecamatan Raya, Kamis (28/1/2016). 

Kunjungan ini atas hasil kerja sama dengan Indonesia Institute for Sustainable Mining (IISM) dalam program peningkatan pendapatan rumah tangga melalui pengembangan peternakan skala kecil yang sudah berlangsung sejak Juli 2015. 

Para pengurus kelompok dan tamu undangan  mendengarkan arahan dan motivasi yang diberikan oleh Sthepanie yang selanjutnya diterjemahkan oleh Rezky.

Dalam harapannya, bantuan tersebut dapat menambah pemasukan ekonomi masyarakat. Di mana para anggota kelompok tersebut sudah melakukan panen perdana dan untuk periode pertama dan untuk saat ini sudah merupakan periode ke dua. 

Bantuan ini merupakan program jangka panjang dari pemerintah kedutaan besar Jerman dengan memberikan modal kepada para mayarakat untuk ternak.

Camat Raya Sardiaman Saragih yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi kegiatan tersebut. Selaku pemerintah setempat Sardiaman mengucapkan terimakasih kepada penyandang dana dari kedutaan Jerman yang telah bersedia menyalurkan bantuan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu Restauli Purba beserta pengurus kelompok ternak lainnya memberikan cindera mata berupa pakaian adat Simalungun kepada kedutaan Jerman. 

Mereka menyampaikan terima kasih kepada Ondos Saragih selaku sekretaris IISM  yang telah seukses menjembatani penyaluran bantuan tersebut sehingga masyarakat dapat menerima bantuan tersebut.

Pimpinan  IISM Rezky dalam arahan mengimbau masyarakat agar bersungguh-sungguh melaksanakan program bantuan tersebut. Kegiatan tersebut bisa sampai di Raya bermula saat IISM dapat informasi bahwa kedutaan Jerman memberi peluang untuk proyek ternak skala kecil yang tersebar di seluruh Indonesia di awal tahun 2015 lalu. Kemudian IISM melayangkan permohonan dan akhirnya disetujui oleh kedutaan Jerman dan ditempatkan di Kecamatan Raya.

Rezky menambahkan bantuan tersebut adalah skala jangka panjang dan pihak IISM hanya sebagai mitra yang menjembatani bantuan tersebut untuk disalurkan ke masyarakat.

“Kami dan kedutaan Jerman sudah memulai dengan harapan kiranya bantuan ini dapat menambah perekonomian masyarakat,” ujar Rezky. 

Sementara itu Sthepanie menyampaikan cukup bahagia dapat bertemu dengan masyarakat di Simalungun khususnya Kecamatan Raya. Dengan harapan akan terus berkembang dan proyek tersebut bermanfat serta berkelanjutan. Sehingga ekonomi masyarakat semakin maju.


Pihak kedutaan Jerman kembali memberikan tawaran untuk bidang pertanian dan memerintahkan untuk kembali melayangkan proposal ke Kedubes Jerman. 

Saat ini Kedutaan Jerman telah memberikan beberapa bantuan yang sama di beberapa daerah di Indonesia diantaranya, Kecamatan Raya mewakili Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Utara. (MSC)
Share this article :

Post a Comment