Home » , , , » NATAL DAN SYUKURAN TAHUN BARU LAI PERWAKILAN MEDAN 2016

NATAL DAN SYUKURAN TAHUN BARU LAI PERWAKILAN MEDAN 2016

Written By Beritasimalungun on Sunday, 24 January 2016 | 22:16

St Jannerson Girsang, Sie Publikasi.
BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Bekerja adalah pelayanan untuk memuliakan Tuhan dan tidak secara langsung mendapat penghargaan dari manusia, melayani bukan untuk dihargai ataupun dihormati, tetapi untuk kemuliaan nama Tuhan Jesus Kristus.

"Jangan marah kalau kamu melayani tidak dihargai. Jangan sedih kalau kamu melayani tidak dihormati. Kamu melayani bukan untuk dihargai ataupun dihormati tapi kamu melayani untuk Kemuliaan nama Tuhan Jesus Kristus".

Demikian diungkapkan Pdt Haposan Silalahi dalam acara Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru 2016, Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) Perwakilan Medan di gereja GKI Sumut, Medan, Jumat 22 Januari 2016 lalu. Gereja GKI Sumut adalah salah satu gedung gereja tertua di Medan,letaknya persis di depan Sun Plaza Medan.

Dalam khotbahnya Pdt Haposan menegaskan, Natal tidak hanya dilihat dari acara seremonialnya, Natal bermakna membawa perubahan, transformasi cara pandang manusia yang lebih baik. "Jadi, kalaupun perayaan ini sudah akhir Januari, tidak mengurangi makna perayaannya,"ujarnya sambil tersenyum dari atas mimbar.

Sekitar 100-an orang pegawai, dan mitra LAI Medan hadir dalam acara yang perayaan itu. Acara liturgis Natal diselingi sajian tarian Natal Anak-anak dari GKPS Simalingkar Medan, Vokal Group dari GKI Sumut, pembacaan puisi berjudul Bulan Desember yang dibawakan: St Juniansen Sipayung dan Sarnaise br Saragih. 

Usai acara kebaktian, suasana haru melingkupi ruang gereja GKI Sumut yang berkapasitas sekitar 250 orang itu, dengan kehadiran Bapak Slamet Ginting, mantan Kepala Perwakilan LAI Medan, yang sudah manula. LAI Medan memberikan penghargaan kepada beliau, dan terlihat istri beliau cukup terharu. Cendera mata diberikan Pdt Ratna Harefa, Kepala Perwkilan LAI Medan.

Semangat LAI untuk terus memberikan sumbangan Alkitab bagi jemaat yang tidak mampu tercermin dari laporan Ketua LAI Perwakilan Medan Ratna Harefa, dalam sambutannya. Ratna mengatakan Program Satu dalam Kasih--pengadaan Alkitab kepada jemaat terpencil dan tidak mampu telah mensosialisasi diantara mitra LAI.

"Tahun lalu, kita sudah memberikan bantuan Alkitab kepada dua jemaat terpencil, dan satu lagi akan diserahkan ke jemaat di Daerah Riau. Karena gangguan asap tahun lalu, pemberian sejumlah Alkitab bagi jemaat di Riau diserahkan akhir Januari ini hingga awal Februari,"ujarnya.

Selanjutnya Ratna mengungkapkan bahwa Program Satu Dalam Kasih 2016 akan mengumpulkan dana bagi penyediaan Alkitab untuk jemaat yang kurang mampu di daerah Pakpak Bhaarat dan Singkil. "Ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang kurang mampu, tidak memiliki Alkitab," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPPD Perwakilan Medan, Pdt Luther Lase mengharapkan agar tahun-tahun mendatang berbagai program KPPD dapat berjalan dengan baik, meminta seluruh pengurus dan mitra bekerja bersama-sama mewujudkan cita-cita LAI.

KKPD (Kelompok Kerja Penggalangan Dukungan) LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) adalah Mitra LAI dari berbagai denominasi gereja yang secara sukarela mendukung LAI di daerah/wilayah tertentu.

Ketua Panitia Peryaan Natal LAI Perwakilan Medan Sumarjono menyanpaikan berberapa pantun, sebagai ungkapan rasa suka citanya karena perayaan ini dapat berlangsung dengan baik.

Mewakili gereja Mitra, Pdt Pryio mengungkapkan bahwa dengan Perayaan Natal dan Tahun Baru ini, kita semakin dibekali semangat untuk terus melayani di tahun-tahun mendatang. "Meski gereja kami di Medan Plaza terbakar tahun lalu, kini kami sedang mempersiapkan sebuah gedung gereja baru. Tuhan selalu memberi jalan bagi umatNya".

Sebagaimana diketahui, gereja GBI yang dulunya berlokasi di salah satu lantai gedung Medan Plaza, ikut terbakar dengan kebakaran besar yang menimpa Plaza tertua di kota Medan, tahun lalu.

Cross Kado

Acara Cross Kado yang diikuti puluhan peserta, yang diselenggarakan dalam rangkaian acara hiburan dan ramah tamah, tidak saja menghadirkan hiburan tetapi juga mempererat hubungan silaturahmi diantara mitra LAI dari berbagai gereja/suku.

St Jhonmaren Girsang yang terlihat dengan piawi memainkan musik, mengantarkan setiap peserta cross kado maju ke depan, dengan musik lagu-lagu dari masing-masing daerah asalnya. Ada orang Jawa, NTT, Nias, Batak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Angkola, serta lagu dari daerah yang menunjukkan asal sukunya.

Para pembawa acara Surtini Sumardjono, Jandes Saragih, Damai Saragihserta Santy Melyna Sianipar berhasil meramu seluruh acara dengan apik.

Acara perayaan berakhir sekitar pukul 22.00 dan seluruh karyawan, anggota KPPD LAI Medan, serta para undangan pulang dengan suka cita.

Semoga perayaan Natal dan Syukuran Tahun BaruLAI membawa semangat baru dalam mewujudkan program-programnya 2016 ini.

Sekilas LAI Perwakilan Medan

Lembaga Alkitab Indonesia adalah anggota dari United Bible Societies, sebuah organisasi yang menaungi ratusan Lembaga Alkitab nasional yang giat mengerjakan penerjemahan, produksi dan penyebaran Alkitab di seluruh dunia.

Sejak tahun 1970-an Lembaga Alkitab Indonesia maupun Lembaga Biblika Indonesia telah bekerja sama untuk menghasilkan satu versi yang sama dari Alkitab berbahasa Indonesia. LAI juga terus memperbarui terjemahannya agar menyesuaikan dengan perkembangan bahasa Indonesia.

Lembaga Alkitab Indonesia adalah anggota dari United Bible Societies, sebuah organisasi yang menaungi ratusan Lembaga Alkitab nasional yang giat mengerjakan penerjemahan, produksi dan penyebaran Alkitab di seluruh dunia.

Kantor LAI Perwakilan Medan sendiri berdiri pada tanggal 8 Agustus 1958. Kepala Perwakilan LAI Medan saat ini adalah Pdt Ratna Harefa.

Saat ini Kantor LAI Perwakilan Medan di Jalan Setia Budi, telah mengembangkan sayapnya lebih jauh dengan menjelajahi sebagian besar` Pulau Sumatera guna melayani jemaat-jemaat Kristiani dalam pengadaan Alkitab dan Bagian-bagiannya. (Jannerson Girsang, Sie Publikasi)
Share this article :

Post a Comment