Home » , , , , » PEMBANGUNAN TUGU RAJA SIANTAR

PEMBANGUNAN TUGU RAJA SIANTAR

Written By Berita Simalungun on Wednesday, 27 January 2016 | 08:24

PEMBANGUNAN TUGU RAJA SIANTAR.IST

BERITASIMALUNGUN.COM-Rencana pembangunan tugu Raja Siantar Sang Naualuh Damanik peletakan batu pertama nya pd tgl 24 april 2012 setelah selesai acara ziarah pemerintah kota ke jorat raja siantar di jln.pematang kelurahan simalungun adapun lokasi peletakan batu pertamanya di antara jln.merdeka dan jln.sutomo persisnya di depan Ramayana kota pematangsiantar hingga saat ini belum juga dilaksanakan pembangunannya entah apa sebabnya .

ketika itu wali kota pematangsiantar Bpk Hulman Sitorus mengatakan pembangunan tugu sang naualuh adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota pematangsiantar untuk mengenang jasa jasa kepahlawanan raja siantar namun seiring berjalannya waktu pembangunan tugu tidak kunjung dimulai bahkan lokasi yg semula direncanakan di depan ramayana kemudian berubah pindah ke taman bunga depan balai kota itupun belum juga dilaksanakan hingga sampai saat ini memasuki thn 2016 .( empat tahun ).

saya salah satu dari keluarga merasa prihatin krn beberapa org keluarga baik yg berada di siantar maupun keluarga yg ada di bengkalis riau ketepatan beberapa hari lalu kami berziarah ke makam op.sang naualuh di bengkalis ada yg menanyakan apakah sdh selesai dibangun tugu nya ?.
hm belum tuh.

kita tahu op.sang naualuh adalah seorang muslim yg taat sebagai penyebar , pengayom dan pelindung agama islam di pematangsiantar selain itu almarhum semasa hidup nya juga tidak melupakan adat budaya sebagi jati diri org simalungun tdk ia lupakan dan tetap dilaksanakan mengenai adat nya .tentu kita sangat ingin pembangunan tugu tsb dapat segera dilaksanakan krn itu nanti nya akan menjadi ikon kota pematangsiantar yg kita cintai . agar pembangunan tugu tsb dapat dilaksanakan saya sarankan kepada pemerintah kota siantar :

1.jika pemerintah kota siantar benar benar serius hendak memberi penghargaan kpd Raja Siantar sang naualuh secepatnya bersihkan bangunan - bangunan liar yg terletak di jln. pematang kelurahan simalungun krn pamatang adalah tanah kelahirannya juga tempat kediaman para leluhur . beliau raja sang naualuh tdk ingin di hargai kalau leluhurnya yg di pamatang tdk dihargai.

sementara di tanah tempat bangunan bangunan itu memilki historis di kerajaan siantar dan tempat para leluhur Raja Siantar ( taman Raja Siantar ).

2.segera bongkar bangunan kedai BABI PANGGANG yg di jln pematang kelurahan simalungun krn itu tdk ada izin nya dan disamping itu lokasinya didepan makam keluarga raja siantar itu adalah suatu perbuatan yg tdk menghargai leluhur dan keluarga sang naualuh sebab sejak zaman dulu tdk pernah ada yg namanya kedai babi di daerah pamatang tanah kelahirannya .

3.Khusus kepada panitia pembangunan tugu .
agar berangkat ke bengkalis dalam tradisi adat budaya simalungun namanya MAMUHUN .apalagi sbg ketua panitianya orang simalungun tentu mengerti maksudnya klw gak ngerti bisa ditanyakan kpd yg mengerti atau tanya kpd lembaga lembaga adat simalungun spt partuha maujana simalungun yg katanya pemangku adat Simalungun .

jika ini dilaksanakan insya allah apa yg direncanakan akan terealisasi . amin. - jgn salahkan org lain . Jgn salahkan pihak2lain. Dan jangan dendam, diatei tupa. Horas . (Sanggar Budaya Rayantara)
Share this article :

Post a Comment