Home » , , » Pengesahan APBD TA 2016 Pemkab Simalungun, Anggota Dewan Buka Amplop di Toilet

Pengesahan APBD TA 2016 Pemkab Simalungun, Anggota Dewan Buka Amplop di Toilet

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 19 January 2016 | 21:51

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun Saat Dilantik. IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Beberapa amplop berserakan di toilet gedung DPRD di Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (18/1/2016) saat rapat paripurna akhir R-APBD tahun 2016.

Pada rapat pandangan akhir fraksi terhadap R-APBD 2016 itu, sejumlah oknum anggota Legislator permisi meninggalkan ruangan menuju toilet.

Diduga oknum-oknum itu membuka amplop untuk memastikan jumlah yang diterima sesuai kesepakatan atau tidak. Informasi diperoleh, untuk pengesahan APBD TA 2016, satuan kerja diwajibkan menyetorkan dana pengesahan dengan jumlah bervariasi tergantung anggaran yang dikelola.

Untuk SKPD yang mengelola anggaran besar dikenakan setoran Rp 50 juta hingga Rp 250 juta, sedangkan pemerintahan kecamatan Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Ketua DPRD Simalungun, Johalim Purba yang dikonfirmasi mengatakan dugaan itu salah. Penjabat Bupati Simalungun, Binsar Situmorang mengaku tidak mengetahui adanya pengumpulan uang dari SKPD untuk pengesahan APBD TA 2016.

“Saya tidak tahu itu, dan tidak ada Saya perintahkan,” kata Binsar
Koordinator Forum Rakyat Untuk Transparansi Anggaran (FUTRA) Pematangsiantar-Simalungun, Oktavianus Rumahorbo mengatakan, isu suap dalam pembahasan anggaran antara Eksekutif dan Legislatif bukan rahasia umum lagi.

Menurutnya, dampak dari pembahasan APBD yang transaksional akan membebani Eksekutif dan berujung melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang.

Selain itu, pembahasannya sering tidak sesuai dengan hasil musyawarah pembangunan (Musrenbang), terkesan hanya formalitas saja.


“Masyarakat sebagai pemilik anggaran tidak dilibatkan dalam pembahasannya melalui diskusi publik,” kata Oktavianus. (Ant)
Share this article :

Post a Comment