Home » , » Pesona Air Terjun Sipisopiso

Pesona Air Terjun Sipisopiso

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 19 January 2016 | 09:12

Keluarga Rosenman Manihuruk/ Lisbet Br Sinaga saat berkunjung menikmati Panorama Air Terjun Sipisopiso, Minggu 3 Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.


Keluarga Rosenman Manihuruk/ Lisbet Br Sinaga saat berkunjung menikmati Panorama Air Terjun Sipisopiso, Minggu 3 Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Keluarga Rosenman Manihuruk/ Lisbet Br Sinaga saat berkunjung menikmati Panorama Air Terjun Sipisopiso, Minggu 3 Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.
Beritasimalungun.com, Tongging-Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer dari Sumatera Utara selain Danau Toba dan Salib Kasih Tarutung, air terjun ini memiliki keindahan yang bisa memberikan decak kagum kepada setiap pengunjungnya. 

Uniknya, jika anda selama ini menikmati keindahan air terjun dari bawah, jika dengan air terjun sipiso-piso maka anda akan melihat air yang terjatuh dari atas kebawah atau menikmati keindahannya dari atas bukit. Aliran air yang besar datang dari arah pegunungan dan seperti terjebak di tepian jurang, aliran air itu terjatuh dan menghembas tanah di bawah jurang dengan ketinggian kira-kira 120 meter.

Dari kejauhan air terjun yang tertumpah ini terlihat seperti bilah-bilah pisau yang tajam, dan inilah asal muasal nama air tejrun ini, Sipiso-piso. 

Sementara di bawah, seperti sedang terjadi kabut padahal itu adalah percikan air yang melayang di udara, tidak jarang, tepat di titik jatuhnya air terlihat seperti ada lingkaran warna pelangi. Hal ini tentunya membuat para pengunjung semakin menikmati pemandangan yang ada di depan mata. Sementara itu, dari kejauhan terdengar suara dari hempasan air yang cukup keras, bergemuruh dan seperti meronta kesakitan karena terjatuh dari ketinggian itu.


Air terjun sipiso-piso ini berada pada ketinggian kurang lebih dari 800 meter dari permukaan laut, disekitar lokasi terlihat pohon pinus tumbuh menentang langit dan menghijau, hembusan angin yang menghembus setiap dahannya juga mencipkan suara-suara yang membuat suasana semakin tenang. 


Berada di desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Sumatera Utara, air terjun ini sudah dikenal luas dan sudah banyak di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar.

Untuk menuju lokasi wisata air terjun ini setiap pengunjung hanya menempuh perjalan sekitar 24 km dari kota Kabanjahe dan sekitar 35 Km dari kota Berastagi. Kedua kota ini merupakan kota kecil yang juga disebut sebagai kota wisata khususnya Berastagi dan tidak terlalu jauh dari kota Medan.



Jika anda datang ke lokasi wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, empat ataupun lebih. Dan tentunya akan lebih mengasyikkan jika anda membawa kendaraan sendiri, namun anda juga bisa menggunakan jasa transportasi bus umum yang memiliki trayek dari Medan - Kabanjahe. 

Anda tidak usah takut jika anda kurang tahu persimpangan jalannya, mulai dari arah Kabanjahe hingga memasuki Desa Tongging, dimana air terjun ini berada. Dan ini artinya anda sudah sampai di lokasi dan nikmatilah keindahan alam ciptaan DIA Yang Maha Kuasa.

Jika sudah sampai dilokasi dan anda sudah merasa cukup memandang air terjun ini dari ketinggian, maka anda bisa mencoba melihatnya lebih dekat lagi. 

Ada anak tangga yang dibuat sebagai fasilitas untuk menuruni jurang dimana air itu terjatuh dan kembali melanjutkan perjalanannya hingga nantinya bermuara. 

Ratusan anak tangga siap untuk anda turuni, namun sebelum menuruni anak tangga ini, pastikan keadaan fisik anda sedang Fit, karena cukup melelahkan. Sesampai dibawah anda akan menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso lebih dekat dan tentunya semakin ekstrim dengan suara air yang terjatuh. Dan percikan air serasa membuat udara lembab dan cukup membasahi pakaian anda.

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso


Sementara itu, tidak jauh dari lokasi wisata air terjun sipiso-piso, anda juga bisa menikmati pemandangan alam Danau Toba. Ada sebuah titik yang bisa membuat detak kagum anda akan keindahan alam danau toba yang membentang itu. Dan lagi-lagi semua itu semakin menciptakan keindahan alam di desa Tongging ini.


Untuk fasilitas, di lokasi wisata ini terdapat beberapa penginapan murah dan terjangkau di desa Tongging, atau anda juga bisa mendapatkan fasilitas hotel di Kota Kabanjahe atau juga Berastagi. Dan untuk anda yang suka dengan souvenir, di daerah ini anda bisa mendapatkannya dari para penjual souvenir khas Berastagi. (Lee)
Share this article :

Post a Comment