Home » , , , » PGI Dukung Kampanye Cinta Danau Toba

PGI Dukung Kampanye Cinta Danau Toba

Written By Berita Simalungun on Sunday, 24 January 2016 | 13:23

http://siantarnews.com/wp-content/uploads/2016/01/MPH-PGI-dukung-kampanye-cinta-Danau-Toba-660x298.jpg
Sidang Raya (SR) PGI
BERITASIMALUNGUN.COM, Parapat-Krisis ekologi makin akut dialami bangsa ini. Bencana banjir, kekeringan, asap, bahkan konflik lahan, makin rutin terjadi dan seolah tak ada jalan keluarnya. Karena itu, Sidang Raya (SR) PGI 2014 lalu di Nias memberikan perhatian yang lebih besar terhadap isu kerusakan ekologis.

Dalam keprihatinan terhadap kerusukan ekologis ini dan dalam rangka konsistensi menjalankan mandat SR tersebut, maka PGI dalam sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI 2016 di Parapat 22-26 Januari 2016 memberikan perhatian khusus dengan isu tersebut.

Pemilihan kota Parapat sebagai tempat pelaksanaan sidang juga dimaksudkan untuk memberikan perhatian dan dukungan terhadap pemulihan Danau Toba dari ancaman kerusakan yang lebih parah.

“Kita bersidang di tepi Danau Toba yang makin lama makin mengalami ancaman kehancuran karena ulah manusia yang tidak bertanggungjawab,” kata Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette TH. Lebang, dalam pengantarnya mengawali Laporan Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI kepada sidang MPL PGI 2016, pada Sabtu, 23 1/2016).

“PGI ikut mendukung kampanye cinta Danau Toba,” tegas Ketua Umum PGI. PGI berharap agar pemerintah dan masyarakat di sekitar Danau Toba memberikan perhatian dan melakukan upaya-upaya yang konkrit untuk menyelamatkan Danau Toba dari kerusakan yang lebih parah.

Dalam laporan MPH PGI juga ditegaskan oleh Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, MTh. Gomar mengatakan bencana dan krisis ekologis akan tetap terjadi.  “Sebagai akibat perlakuan kita yang tidak ramah terhadap alam, dan sebaliknya mengeksploitasi alam melebihi batas-batas daya dukung bumi.”

Pada saat yang sama krisis ekologis ini juga diperparah dengan lemahnya penataan tata ruang wilayah dan pengelolaan hutan kita,” tambahnya. (SNC)
 Anita Martha Hutagalung Dengan ibu dewan Rospita Sitorus di Open Stage, Parapat, Danau Toba, 22 Januari 2016.
Peserta sidang MPL-PGI

Prosesi penyambutan.

Peserta dan undangan. — di Open Stage, Parapat, Danau Toba, 22 Januari 2016. Foto Anita Martha Hutagalung.
Share this article :

Post a Comment