Home » , , » Simalungun Benahi Jalan Dukung Parawisata Danau Toba

Simalungun Benahi Jalan Dukung Parawisata Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Sunday, 24 January 2016 | 13:49

Jalan lintas Raya-Saribudolok di Kecamatan Raya tampak rusak, Senin 28 Des 2015. Foto Asenk Lee Saragih  
Jalan lintas Raya-Saribudolok di Kecamatan Raya tampak rusak, Senin 28 Des 2015. Foto Asenk Lee Saragih 

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menetapkan sejumlah ruas jalan menuju lokasi wisata di kawasan Danau Toba, sebagai prioritas pembenahan pada tahun 2016.



Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Mixnon Andreas Simamora, Kamis, menyebutkan, ada tiga ruas jalan yang kondisinya rusak segera diperbaiki.

Ruas jalan itu, Simpang Raya-Pintu Angin arah ke Tigaras, Sidamanik-Sait Butt arah Sipolha dan Tinggi Raja kawasan objek wisata di luar Danau Toba sebagai wisata pendukung.

Menurut Mixnon, upaya itu untuk mendukung pengembangan kawasan Danau Toba yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai tujuan wisata Nasional.

"Memang sudah kita targetkan sebelum pembentukan Badan Pengelola Pariwisata Kawasan Danau Toba," kata Mixnon.

Pemerintah Kabupaten berupaya memperbaiki kembali ruas jalan Salbe-Sipolha yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkeliling dari pinggiran (susur pantai) menikmati keindahan alam dan perairan Danau Toba.

Sedangkan untuk menghindari kemacetan dan rusaknya ruas jalan Pematangsiantar-Parapat, pemkab juga akan memperbaiki jalan alternatif Simpang Palang-Sipangan Bolon.

Jalan ini dikhususkan untuk truk, sehingga pengemudi kendaraan pribadi dan bus kecil, lebih nyaman dan aman, kata Mixnon.

"Jalan Tanjung Morawa-Tongging dan Tanjung Morawa-Tigaras kita usulkan masuk sebagai kawasan strategi Nasional," kata Mixnon.(AN)
Share this article :

Post a Comment