Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jumsadi Damanik Buka Imlek Fair

Warga Siantar padati Imlek Fair.
Pekan Imlek Fair Tahun 2016 di Jalan Bandung, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat.
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Penjabat Walikota Siantar, Drs Jumsadi Damanik, SH,M.Hum membuka secara resmi Pekan Imlek Fair Tahun 2016 Senin (1/2/2016) sore di Jalan Bandung, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat.

Pembukaan diwarnai dengan penampilan beragam kreasi lintas budaya dan diakhiri dengan pelepasan balon dan pengguntingan pita.

Kegiatan yang digelar Bankom Polres Pematangsiantar Simalungun ini menurut Ketua Panitia, Drs. OW.Herry Darmawan, akan berlangsung hingg 6 Februari 2016.

Drs Jumsadi Damanik dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak reformasi tahun 1999, atas prakarsa mantan Presiden Abdurrahman Wahid selaku Bapak Multikulturalisme, umat Tionghoa di Indonesia telah bebas merayakan Tahun Baru Imlek sebagaimana umat beragama lainnya dalam merayakan hari-hari besar agamanya masing-masing.

“Kenyataan ini patut kita syukuri, dan mari kita jaga terus kerukunan antar umat beragama yang telah berjalan dengan baik selama ini di Kota Pematangsiantar. Kita berharap, Imlek Fair yang baru pertama kali digelar ini bisa menjadi agenda tahunan Pemko Pematangsiantar, yang dapat mendukung geliat pariwisata,”katanya.

Wakil Ketua  Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Pematangsiantar Pdt.Riando Napitupulu mengapresiasi kegiatan yang pertama kalinya digelar di Kota Siantar ini. 

Perbedaan dan keberagaman merupakan potensi umat beragama yang harus dibuat indah, ibarat sebuah taman yang terdiri dari beragam warna bunga.

Agama menurutnya, jangan dijadikan alat untuk memecah belah, seperti yang terus dicoba akhir-akhir ini, meski pemerintah kita bisa mengatasinya. “Mari kita menjaga kekondusifan antar sesama umat beragama dalam membangun kesatuan bangsa. Selamat merayakan Imlek Fair bagi saudara-saudara kaum Tionghoa,”ujarnya.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Dodi Darjanto,SIK,MTTA selaku pembina Bankom, menyambut baik kegiatan ini dan berharap bisa berlangsung dengan aman dan tertib sampai penutupan nantinya.

Kegiatan yang disaksikan ratusan pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat ini, juga disemarakkan dengan hadirnya 80 stand bazar yang menyuguhkan beragam pernak-pernik Imlek dan juga berbagai kebutuhan sehari-hari. Masyarakat selama sepekan akan bisa berbelanja sembari menikmati pagelaran hiburan Imlek.

Suasana Jalan MT Haryono dan Jalan Bandung tampak benar-benar meriah dan gemerlapan oleh cahaya lampion merah, sebagai simbol Imlek. (JST)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments