Home » , » Klaster Bawang Merah Diperluas Hingga Ke Kabupaten Batubara

Klaster Bawang Merah Diperluas Hingga Ke Kabupaten Batubara

Written By Berita Simalungun on Thursday, 18 February 2016 | 08:04

Pengembangan Tanaman Bawang Merah di Kabupaten Batubara. Foto Rikson Saragih.

Panen Bawang Merah di Haranggaol. Foto Rikson Saragih.

BERITASIMALUNGUN.com, Siantar-Bank Indonesia memperluas klaster bawang merah ke Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, dengan membuat demonstrasi plot di lahan seluas 0,56 hektare. Perluasan dilakukan secara bertahap hingga Januari 2016 dengan jumlah petani mencapai 183 orang yang tergabung dalam 13 kelompok tani dengan luas lahan 2,16 ha.

Kepala Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar Elly Tjan di Siantar, kemarin mengatakan,  pengembangan klaster di daerah itu sebagai perluasan dari Kabupaten Simalungun yang dimulai tahun 2014.

Di Kabupaten Batubara, inisiasi dilakukan ke tiga kelompok tani di Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Air Putih pada 14 Desember 2015. Ke depan, budi daya bawang merah yang diawali dari demonstrasi plot di Desa Tanah Tinggi tersebut dapat meluas menjadi klaster.

Diharapkan inisiasi pengembangan klaster bawang merah di Batubara tidak mempengaruhi atau mengurangi kapasitas petani dalam produksi beras dan cabai merah.

Elly menyatakan, pengembangan budi daya bawang merah bagian dari komitmen BI dalam upaya mendorong sektor riil melalui klaster.


BI Pematangsiantar bekerja sama dengan pemangku kepentingan di wilayah kerja berupaya mendukung pengembangan klaster ketahanan pangan dan komoditas unggulan dalam menjaga kestabilan harga atau inflasi. (Syam/Lee)
Share this article :

Post a Comment