Info Terkini

10/recent/ticker-posts

“Putar Kekiri” Menyemarakkan Pesta Bona Tahun Purba Pakpak 2016

TOKOH PURBA PAKPAK : St RK Purba Pakpak merayakan usia 77 tahun (12 Feb 2016) di acara Pesta Bona Tahun di Gedung Budi Mulia, Sabtu (13/2/2016). Foto Asenk Lee Saragih

BERITASIMALUNGUN.COM, Jambi-"Maumere da gale kota Ende ( mau mere merupakan kota penuh dengan nyanyian)
Pepin gisong gasong ( merupakan kata nada pelengkap )
Le'le luk ele rebin ha

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

La le le luk sila sol
Mi fa mi fa sol
Le'le tiding fa fa
Rebing mude mi

Do do do do mi do mi do gemu fa mi re
ele le... ele le...
la le le luk sila sol
mi fa mi fa sol
le'le tiding fa fa
Rebing mude mi
Do do do do mi do mi do gemu fa mi re (Mmm... Manis)

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

Putar ke kiri e...
Nona manis putarlah ke kiri
ke kiri ke kiri ke kiri dan ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri manis e..
Sekarang kanan e..
Nona manis putarlah ke kanan
ke kanan ke kanan ke kanan dan ke kanan ke kanan ke kanan ke kanan manis e..


Lagu “Gemu Famire / Maumere”  yang dipopulerkan oleh sang pencipta lagu sekaligus penyanyinya Nyong Franco, menjadi salah satu daya tarik kemeriahan di Pesta Bona Tahun (Pesta Awal tahun) Marga-Marga Batak di Jambi. Termasuk juga di Pesta Bona Tahun Tumpuan Purba Pakpak, Boru Pakon Panagolan se Jambi di Gedung Budi Mulia, Sabtu 13 Februari 2016. (Klik Foto Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi 2016 (Ibadah)

Lagu “Gemu Famire/Maumere” fasih dan memukau dilantunkan oleh Renata Trio Jambi (Rizki Silaen, Tony  Situmorang, Jakson Simanjuntak dan Keyboris Aris Damanik). Renata Trio juga tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba. 

Pesta Bona Tahun yang dilakukan persatuan (kumpulan) marga-marga Batak merupakan tradisi budaya Batak dalam mempererat tali silaturahmi sesama anggota khususnya marga. Demikian juga yang tergambar di Pesta Pesta Bona Tahun Tumpuan Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Sabtu (13/2/2016). (Klik Foto : Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi 2016 (HUT St RK Purba)

Pesta tersebut cukup meriah dihadiri sekitar 90 KK (500 jiwa) ditambah 6 KK anggota baru. Tradisi budaya Batak ini semakin kokoh dan abadi di tanah perantauan. Pesta Bona Taon marga merupakan ajang silaturahmi kekerabatan kumpulan marga-marga dan kepedulian sesama  “Orang Batak” ditanah rantau, khususnya warga Simalungun.

Pesta Bona Taon juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Taon ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun. Tidak asing, kalau awal tahun sekitar bulan Januari, Februari, Maret, masyarakat Batak perantauan disibukkan dengan kegiatan pesta bona tahun.(KLIK FOTO: Pesta Bona Tahun Purba Pakpak 2016 (Manortor)

Pesta Bona Tahun Tumpuan Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi 2016, juga dibungkus dengan ucapan syukur HUT spesial pada (12-2-2016) yakni St RK Purba Pakpak (ke-77), St Drs GM Saragih Msi.

Acara pesta diawali dengan ibadah singkat yang dibawakan Vik Pdt J Purba Pakpak STh. Dalam Kotbahnya Vik Pdt J Purba Pakpak STh mengaplikasikan “Tema Pesta Bona Tahun Purba Pakpak 2016” yakni “Marsihaholongan Janah Marsiurupan Songon Podahni Hata Sapangambai Manoktok Hitei”.

Bahkan kumpulan marga Purba Pakpak harus saling tolong menolong dalam suka dan duka dengan kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus. Anggota kumpulan juga diharapkan untuk saling menolong dalam mendukung perekonomian antara satu dengan yang lain.

Sebelum makan bersama, juga dilakukan pemotongan kue HUT St RK Purba Pakpak. Suasana ini membuat haru St RK Purba Pakpak karena sebuah kejutan dari keluarga. Selanjutnya dilakukan pemberian makanaa khas Adat Simalungun “Dayok Binatur” kepada sesama anggota. Mulai dari Tondong, Pengurus, Boru, Panagolan dan Panitia.

Usai makan bersama dilakukan pengumpulan dana untuk kas kumpulan marga tersebut melalui “Tortor”. Perayaan Pesta Bona tahun tersebut cukup bersahaja dan menjalin kepedulian sesama. Pada kesempatan itu juga diadakan penerimaan anggota baru sekitar 6 KK. Terkumpul dana pada hari itu dari tortor sekitar Rp 31 juta lewat tortor, jual kupon, iuran wajib anggota dan donatur.

Tampil sebagai MC yakni St JB Sitopu dan St JM Purba Sidadolog. Acara berjalan lancar sesuai dengan tata acara yang telah disiapkan sebelumnya.

Wakil Ketua Umum Punguan Marga Purba Pak-pak/Boru/Panogolan se Jambi, Andi Openta Purba Pakpak /br Sinaga dan Ketua Panitia Pesta Bona Tahun Purba Pakpak, Bp Berlin Purba Pakpak mengatakan, Pesta Bona Taon marga-marga di tanah rantau merupakan budaya Batak yang harus dilestarikan, khususnya Simalungun.

“Kalau di kampung halaman, pesta ini jarang ada. Ini hanya banyak di tanah perantauan. Kumpulan marga mampu mempersatukan orang Batak di tanah rantau dari berbagai kampung asal usul di Sumatera Utara. Kumpulan marga, adalah aset budaya Batak yang perlu diteladani dalam mempererat solidaritas,”katanya.

Menurut keduanya, Pesta Bona Tahun ini sebagai wujud “Holong” antar anggota kumpulan untuk saling peduli satu dengan yang lain. Kepedulian sosial merupakan tujuan dari kumpulan marga tersebut supaya sesama anggota terus terjalin hubungan timbale balik dalam “Holong”.

Menurut  Andi Openta Purba Pakpak, kini kumpulan Purba Pakpak-Boru-Panagolan se Kota Jambi dibagi Sembilan komisaris. Sementara Penasehat Tumpuan yakni St RK Purba/br Sitepu, St Salmen Purba/br Simarmata, M Simatupang/br Purba, St JBS Sumbayak/br Sinaga (+).

Kemudian Ketua Umum St R Purba, Ketua I (Bidang Humas dan Pendidikan) Drs A Purba/br Sinaga, Sekretaris Sy H Simarmata/br Simanullang dan Bendahara Sy AJ Damanik/br Purba.

Sementara di jajaran komisaris yakni Drs M Purba/br Ginting, SA Purba/br Lingga, H Garingging/br Purba, JE Garingging/br Purba, K Saragih/br Purba, JP Purba/br Simanjuntak, P Purba/br Munthe, JM Purba/br Sitanggang, M Sijabat/br Purba, St J Purba/br Siahaan, B Purba/br Damanik, T Nainggolan/br Purba, St F Sipayung/br Sitopu, K Sihotang/br Purba. 

Dewan Penasehat Kumpulan Purba Pakpak Kota Jambi, St RK Purba Pakpak dalam sambutannya mengatakan, pesta bona tahun merupakan ajang silaturahmi sebagai wujud kasih serta solidaritas antar sesama.

St RK Purba Pakpak juga menekankan kepada anggota kumpulan khususnya yang muda agar berperan aktif dalam kumpulan serta dapat menyumbangkan SDM serta tenaga demi kemajuan kumpulan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan.

“Seluruh anggota kumpulan harus memberikan perhatian terhadap anak-anak, khususnya soal pendidikan dan giji agar mereka bertumbuh sebagai generasi baru yang cerdas serta memiliki jiwa social yang kuat. Orang tua harus peduli dan mengutamakan pendidikan anak sebagai asat masa depan bangsa juga kumpulan,”katanya.

Ny St RK Purba Pakpak / P br Sitepu juga memberikan sumbangan kepada anak-anak kumpulan kerabat Purba Pakpak dalam akhir acara dengan “tortor” penutup.

Sebelum acara selesai, Berlin Purba Pakpak juga menyumbangkan lagu Simalungun “Friska” yang mampu mengumpulkan sumbangan Rp 650 ribu. Kemudian seorang Panagolan Purba Pakpak, Sy Rosenman Saragih Manihuruk juga melantunkan Lagu Simalungun “Elvi” yang membuat suasana sedikit berbeda.  (Asenk Lee Saragih)




Jonathan Saragih, St RK Purba Pakpak, Vik Pdt J Purba Pakpak STh.








Vik Pdt J Purba Pakpak STh

TOKOH PURBA PAKPAK : St RK Purba Pakpak merayakan usia 77 tahun (12 Feb 2016) di acara Pesta Bona Tahun di Gedung Budi Mulia, Sabtu (13/2/2016). Foto Asenk Lee Saragih


St Salmen Purba Pakpak memberikan kue ultah ke St RK Purba Pakpak di HUT ke 77 Tahun ( 12 Feb 2016). Foto-foto Asenk Lee Saragih. 





Ketua Panitia Berlin Purba Pakpak



Renata Trio (Rizki Silaen, Tony Situmorang, Jakson Simanjuntak dan Keyboris Aris Damanik) yang tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba. Foto Asenk Lee Saragih.


Renata Trio (Rizki Silaen, Tony Situmorang, Jakson Simanjuntak dan Keyboris Aris Damanik) yang tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba. Foto Asenk Lee Saragih.



Martin Saragih Manihuruk manortor.





Tembang "Elvi" dari Sy Rosenman Saragih Manihuruk.



Anggota Baru Ny Hengky Sitio /br Purba Pakpak.


Tortor Anak Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panagolan se Jambi.

Tortor Anak Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panagolan se Jambi.

Tortor Anak Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panagolan se Jambi.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments