Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Hamparan Sajadah Disiapkan di Lapangan di Palu untuk Salat Gerhana

Hamparan Sajadah Disiapkan di Lapangan di Palu untuk Salat Gerhana
Foto: Nur Khafifah/detikcom

Palu-Selain mengamati fenomena langka gerhana matahari total (GMT), lapangan Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah juga disiapkan untuk melaksanakan salat gerhana. Rencananya ibadah sunah ini akan dilaksanakan saat gerhana mulai terjadi.

"Sejak kontak pertama (bulan menutupi matahari), langsung salat. Jadi kalau bisa tidak (salat) lama-lama supaya kita juga bisa lihat gerhana," kata panitia setempat di lapangan Kotapulu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2016).

Pantauan di lokasi, hamparan 2 saf sajadah yang dilapisi karpet telah disiapkan tepat di depan panggung pengamatan gerhana. Beberapa mukena juga telah disiapkan di atas sajadah saf terakhir.

Gerhana matahari di Palu akan mulai terlihat pukul 07.27.50 Wita hingga 08.38.46 Wita. Gerhana matahari total ini akan terlihat selama 2 menit 23,5 detik.

Sementara itu, saat ini persiapan pengamatan gerhana matahari total sudah selesai. Wisatawan sekaligus peneliti asing telah siap dengan peralatan mereka masing-masing seperti teleskop, kamera, laptop hingga kacamata anti radiasi.

Untuk cuaca di Palu, saat ini cerah. Matahari bersinar terang dan tak ada awan yang menutupinya. (dtk) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments