Ribuan warga melihat arak-arakan peserta karnaval dalam rangka pembukaan Festival Danau Toba 2015 di Taman Mejuah-juah, Brastagi, Tanah Karo, Sumatera Utara, 19 November 2015.
Ribuan warga melihat arak-arakan peserta karnaval dalam rangka pembukaan Festival Danau Toba 2015 di Taman Mejuah-juah, Brastagi, Tanah Karo, Sumatera Utara, 19 November 2015. (Beritasatu.com/Chairul Fikri)

BERITASIMALUNGUN.COM, Samosir-Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini akan melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara untuk memastikan pengembangan destinasi wisata prioritas Danau Toba.

‎Danau Toba adalah salah satu dari ‎10 destinasi wisata prioritas, selain Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.

Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Base Ops Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (1/3) pukul 09.00 WIB menuju Bandar Udara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Setibanya di Kualanamu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan berganti pesawat dan menggunakan CN-295 menuju Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara dan melanjutkan perjalanan menuju Danau Toba dengan berkendaraan.

Pengembangan Danau Toba didukung penguatan konektivitas dan aksesibilitas, seperti bandar udara, jalan, dan pelabuhan.

Tim Komunikasi Presiden (TKP) Ari Dwipayana mengatakan, di Sumatera Utara, Presiden Jokowi akan memimpin rapat tentang pengembangan Danau Toba.

"Kunjungan ke Danau Toba merupakan rangkaian hari pertama kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara, Aceh dan Sumatera Selatan yang direncanakan akan berlangsung selama tiga hari," kata Ari melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Selasa (1/3).

Ari mengatakan, pada berbagai kesempatan, Presiden Jokowi menekankan tentang pentingnya mempersiapkan branding untuk pemasaran objek wisata Danau Toba, ketersediaan pelayanan berstandar internasional, atraksi-atraksi seni budaya dengan koreografi yang baik, dan desain menarik yang berkelas‎.

Rencananya, pada Senin (1/3) Presiden Jokowi beserta rombongan akan menuju Medan. Pada Selasa (2/3), Presiden Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Takengon untuk peresmian Bandara Rembele - Takengon, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dari Aceh, Presiden Jokowi akan kembali ke Sumatera Utara untuk meninjau sejumlah proyek infrastruktur seperti jalur kereta api dan jalan tol.

Pada hari ketiga, sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Jokowi akan meninjau pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan. Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan tiba di Jakarta pada Kamis (3/3).

Mendampingi Presiden Jokowi, di antaranya Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN R‎ini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. (BeritaSatu.com/
Investor Daily
Novy Lumanauw/FMB
Investor Daily