}); Bupati Terpilih Simalungun JR Saragih Rencana Dilantik Tanpa Pasangan | BeritaSimalungun
Home » , » Bupati Terpilih Simalungun JR Saragih Rencana Dilantik Tanpa Pasangan

Bupati Terpilih Simalungun JR Saragih Rencana Dilantik Tanpa Pasangan

Written By Beritasimalungun on Monday, 4 April 2016 | 06:04


BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Pertama kalinya di Indonesia, Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih tanpa pasangan. JR Saragih terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (Serentak 9 Desember 2015), pencoblosan dilaksanakan 10 Februari 2016 lalu.  

Hal itu dilakukan karena wakil bupati terpilih, Amran Sinaga, tersandung masalah hukum. “Saya sudah menandatangani SK pelantikan Bupati Simalungun. Mungkin besok SKnya sudah selesai di tangan pak Plt Gubsu,” kata Tjahjo di Medan, Jumat (1/4/2016). (Baca Juga: Perolehan Suara Paslon JR Saragih-Amran Sinaga)

Mendagri menjelaskan, untuk masalah teknis pelantikan ini tergantung Plt Gubernur Sumut, apakah nanti dilantik dalam waktu dekat dengan status Tengku Erry Nuradi yang masih Plt Gubernur Sumut atau menunggu definitif menjadi Gubernur Sumut. “Teknisnya terserah mau dilantik saat masih Plt Gubsunya atau menunggu definitif,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menegaskan, untuk Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi juga akan segera dilantik menjadi pejabat definitif menggantikan Gubernur Sumut nonaktif Gatot Pujo Nugroho. Hal itu bahkan disampaikannya secara resmi saat berpidato pembukaan acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sumut Tahun 2017 di Grand Angkasa Hotel, Medan, Jumat (1/4/2016). 

“Saya sebut Pak Erry Gubernur, karena sudah ada kepastian akan dilantik sebagai Gubernur definitif di Istana Negara oleh Presiden,” ujar Tjahjo di awal sambutannya. Saat ditanya wartawan, Mendagri kembali menekankan hal tersebut. “Ya, Pak Erry akan dilantik Presiden Joko Widodo bersama dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, juga Kalimantan Tengah,” kata Tjahjo. 

Tengku Erry Nuradi sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Sumut dan resmi menjabat Plt Gubernur Sumut pada 11 Agustus 2015 setelah Gatot Pujo Nugroho ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Tjahjo mengatakan, saat ini nomor surat keputusannya sudahkeluardari MA dansekarang sudah masuk ke istana. Menurut dia, dengan pelantikan menjadi gubernur, maka Erry akan lebih leluasa melakukan uji kompetensi dan lelang jabatan mengganti pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). 

Menanggapi hal ini, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, sudah mendapat informasi kalau SK pelantikan Bupati Simalungun sudah diteken Mendagri. Dia juga mengomentari rencana pelantikannya sebagai Gubernur Sumut definitif dengan antusias. 

Dia siap mengemban tugas sebagai Gubernur Sumut. “Saat ini kondisi Sumut kan sudah inkrah status hukumnya. Mungkin dalam waktu dekat dilantik bersamaan tadi saya dengar Pak Mendagri bilang, dengan Riau dan Kalimantan Tengah. Pelantikannya nanti di Jakarta,” ujar Erry. 

Sementara disinggung soal siapa wakilnya yang akan duduk bersama menjalankan roda pemerintahan Sumut? Erry belum mau membeberkan. Dia menyerahkan hal itu pada regulasi yang berlaku. 

“Itu kan sudah ada aturannya, nanti akan dilakukan dari parpol pendukung yang tentunya dikonsultasikan nanti ke saya, misalnya si A atau si B itu bagaimana? Saya serahkan sesuai dengan aturan saja,” kata Erry. (INI)
Share this article :

Post a Comment