Home » , , » Ephorus HKBP Resmikan Rusunawa FKIP UHN Siantar

Ephorus HKBP Resmikan Rusunawa FKIP UHN Siantar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 14 April 2016 | 14:25

St Jannerson Girsang (ke 4 dari kanan) photo bersama Pengurus dengan Ephorus HKBP setelah memimpin Rapat Pembina dan Pengurus Yayayan Universitas HKBP Nommensen(Ruang Rapat FKIP Univeritas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Rabu (13/04/2016).IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt WTP Simarmata, meresmikan penggunaan Rumah Susun Sewa Mahasiswa (Rusunawa) bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen (UHN), Selasa (12/4/2016), di Siantar.
Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Ephorus di pintu masuk Rusunawa, yang merupakan hibah dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Selanjutnya, ephorus bersama pimpinan HKBP lain, pimpinan UHN serta pengurus Yayasan UHN meninjau beberapa bagian ruangan dan fasilitas yang ada di Rusunawa.

Dalam arahannya, Ephorus WTP Simarmata mengharapkan agar Rusunawa yang nantinya dipergunakan mahasiswa FKIP UHN tidak hanya untuk tempat tidur dan tinggal. "Namun, Rusunawa harus menjadi tempat pembinaan moral bagi mahasiswa," tegasnya.

Agar Rusunawa menjadi tempat pembinaan moral, kata Simarmata, pengelola harus merancang tata kelola dan aturan di Rusunawa sehingga terlahir mahasiswa yang berdisiplin, menghargai milik orang lain dan prihatin atas kemiskinan.

Mengakhiri arahannya, Simarmata menyatakan optimis dengan adanya Rusunawa ini untuk fasilitas pendukung mahasiwa FKIP UHN menjadi alumni yang berguna, tidak saja bagi Indonesia tetapi bagi dunia. "Saya yakin dari Nommensen akan lahir pemimpin yang diperhitungkan," katanya.

Sementara itu, Rektor UHN, Dr Sabam Malau, menyatakan dengan adanya fasilitas Rusunawa akan mendukung program UHN Goes International yang saat sedang digencarkan kampus milik HKBP itu. Katanya, saat ini UHN sedang mengirim sejumlah mahasiswa ke Taiwan dan sebaliknya dari mahasiswa Taiwan akan berkunjung ke UHN. "Kita berharap mahasiswa dari Taiwan akan tinggal di Rusunawa ini," katanya.

Menurut Dekan FKIP UHN, Dr Binur Panjaitan, sejarah berdirnya Rusunawa di FKIP UHN yang merupakan pemerintah pusat ini dimulai dengan ditetapkannya FKIP UHN sebagai penerima hibah pada 15 Mei 2013, yang dilanjuti dengan pengajuan proposal oleh FKIP UHN. Pada 13 September 2013 Rusunawa dibangun dan selesai pada Agustus Tahun 2014. "Binur menambahkan nantinya Rusunawa akan dihuni 80 mahasiswa FKIP UHN," terangnya.

Mewakili Sekretaris Yayasan UHN, Prof Albiner Siagian, menyatakan sesuai dengan peraturan Kemenpera setelah Rusunawa diserahkan maka harus ditetapkan Tim Pengelola. Katanya, Yayasan UHN sendiri sudah menetapkan tim pengelola. Katanya, UHN wajar bersyukur karena dari ribuan universitas yang ada di Indonesia FKIP UHN merupakan salah satu universitas yang mendapat hibah dari pemerintah. "Karena itu kita mengharapkan agar Rusunawa dirawat dengan baik," katanya.

Turut memberikan sambutan, ketua panitia peresmian Rusunawa, Ir Jannerson Girsang yang menjelaskan persiapan peresmian hanya sebentar namun bermakna dengan kehadiran Ephorus HKBP meresmikan Rusunawa tersebut. (Jannes Silaban/medanbisnisdaily.com)
Share this article :

Post a Comment