}); KAPOLRES SIMALUNGUN PIMPIN PRESS RELEASE PENGUNGKAPAN KASUS OPERASI BERSINAR TOBA 2016 | BeritaSimalungun
Home » , » KAPOLRES SIMALUNGUN PIMPIN PRESS RELEASE PENGUNGKAPAN KASUS OPERASI BERSINAR TOBA 2016

KAPOLRES SIMALUNGUN PIMPIN PRESS RELEASE PENGUNGKAPAN KASUS OPERASI BERSINAR TOBA 2016

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 27 April 2016 | 13:41

Siantar | BeritaSimalungun.com-Bertempat di Kantor Sat Lantas Polres Simalungun, Polres Simalungun melaksanakan Press Release pengungkapan Tindak Pidana Narkotika selama pelaksanaan Operasi BERSINAR TOBA 2016 (Selasa, 26/04-2016). 

Press Release ini dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP YOFIE GIRIANTO PUTRO, S.IK didampingi Kasat Resnarkoba Polres Simalungun AKP ZP. MATONDANG dan Kasi Propam Polres Simalungun IPDA ALWAN dan dihadiri oleh rekan wartawan Media Cetak dan elektronik.
 
Kapolres Simalungun menjelaskan bahwa Operasi terpusat “BERSINAR TOBA 2016” ini diselenggarakan Polres Simalungun dalam rangka Pemberantasan dan Penindakan terhadap Kejahatan PenyalahgunaanSerta Peredaran Gelap Narkotika di wilayah Kabupaten Simalungun selama 30 hari (terhitung mulai tanggal 21 Maret 2016 s/d 19 April 2016) dengan mengedepankan Fungsi Satuan Reserse Narkoba dan didukung Fungsi Kepolisian lainnya, dimana Operasi tersebut dilaksanakan secara Profesional, Bermoral dan Humanis.
 
Dari hasil pelaksanaan Operasi, Polres Simalungun berhasil mengungkap 60 kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, terdiri dari :
- Narkotika jenis Sabu sebanyak 43 kasus.
- Narkotika jenis Sabu dan Ganja sebanyak 4 kasus.
- Narkotika jenis Sabu dan Ekstasi sebanyak 1 kasus.
- Narkotika jenis Sabu dan Happy Five sebanyak 1 kasus.
- Narkotika jenis Ganja sebanyak 11 kasus.
 
Dengan Tersangka sebanyak 76 orang, terdiri dari laki-laki 72 orang dan perempuan 4 orang. Para pelaku terbagi dengan 2 golongan, yakni 28 orang diduga sebagai Distribusi (Pengedar) dan 48 orang diduga sebagai Konsumen (Pemakai). Kemudian barang bukti yang disita dari seluruh kasus yang berhasil diungkap, adalah :
- Uang sejumlah : Rp. 6.044.000,-
- Narkotika jenis Sabu sebanyak :541,85 Gr
- Narkotika jenis Ganja sebanyak :1.597,98 Gr
- Narkotika jenis Ekstasi sebanyak : 118 Butir
- Narkotika jenis Happy Five sebanyak :1 Btr
 
Polres Simalungun juga berhasil mengungkap 2 kasus yang menjadi Target Operasi, yakni pelaku atas namaJETA HUTABARAT (26), Pekerjaan Tidak Tetap, Warga Huta Nipar Kelurahan Pematang Tanah Jawa Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun dan ANTON Alias ASIONG Alias SAKAU (46), Wiraswasta, Warga Jalan Merdeka nomor 82 Kelurahan Serbelawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, dimana kedua orang pelaku tersebut merupakan Distribusi (Pengedar) Narkotika.
 
Kapolres Simalungun juga menambahkan, bahwa disamping kegiatan berupa penindakan, Polres Simalungun juga melakukan kegiatan kampanye kepada masyarakat tentang ajakan untuk bersama-sama memberantas Narkoba di wilayah Kabupaten Simalungun. Rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan tertib. (Syamp)
Share this article :

Post a Comment