Home » , , , » Pesta HUT 33 Tahun GKPS Jambi Momentum Reuni Para Sesepuh

Pesta HUT 33 Tahun GKPS Jambi Momentum Reuni Para Sesepuh

Written By Beritasimalungun on Saturday, 30 April 2016 | 20:16

Mantan Pengantar Jemaat (Ketua Majelis Jemaat) GKPS Jambi era 1983 – 1986, St Karesman Saragih yang kini tinggal di Bogor, Jawa Barat ketika memberikan sambutan dan pembacaan puisi pada puncak Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk.

BERITASIMALUNGUN.COM-Pesta perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-33 Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi yang dilaksanakan Sabtu – Minggu (23 – 24/4/2015) menjadi momentum reuni para tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi yang selama ini sudah tinggal di Bogor, Jawa Barat dan di Jakarta pada pesta HUT ke-33 GKPS Jambi tersebut.

Para tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi yang hadir dari Bogor pada pesta HUT ke-33 GKPS Jambi tersebut, St Karesman Saragih. Kemudian tokoh GKPS Jambi yang hadir dari Jakarta, yakni Inang St J Purba Br Saragih dan anak (niombah).  Sedangkan tokoh-tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi yang turut hadir pada pesta HUT ke-33 GKPS Jambi tersebut, St Raja Kumpul Purba/Br Sitepu, St A Purba/Br Sinaga, St MS Munthe/Br Girsang, St P Purba/Br Munthe dan St JBS Sumbayak.

Para tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi tersebut pun disambut jemaat dengan penuh hormat. Sambutan tersebut ditandai dengan pengalungan bunga oleh anak-anak sekolah minggu kepada perwakilan tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi tersebut. Kemudian perwakilan tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi tersebut juga didaulat (diminta) menyampaikan kesan dan pesan pada acara pesta seusai ibadah bersama.

St Raja Kumpul Purba mewakili tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi sekaligus penasehat  panitia ketika memberikan kesan dan pesan pada kesempatan tersebut mengatakan sangat salut dan bangga atas perkembangan GKPS Jambi sejak berdiri 1 April 1983 hingga 2016. Pembangunan sarana dan prasarana GKPS Jambi kini sudah cukup memadai. Jumlah jemaat juga semakin banyak. Kemudian ekonomi warga jemaat juga semakin meninmgkat.
Penasehat Panitia HUT ke-33 GKPS Jambi yang juga mantan Pengantar Jemaat (Ketua Majelis Jemaat) GKPS Jambi, St Raja Kumpul Purba memberikan nasehat pada puncak Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk).

“Di tengah kemajuan tersebut masih perlu ditingkatkan pelayanan kepada jemaat. Selain itu kebersihan lingkungan  gereja juga perlu ditingkatkan. Sedangkan pelayanan kepada sekolah minggu juga perlu ditingkatkan, termasuk pembangunan sarana dan prasarana gedung sekolah minggu. Ini menjadi tugas bagi pimpinan, majelis jemaat dan jemaat GKPS Jambi di masa mendatang,”katanya.
Sementara itu St Karesman Saragih dari Bogor yang mewakili tokoh pendiri dan pembangunan GKPS Jambi dari luar daerah mengatakan, GKPS Jambi perlu meningkatkan perhatian pada pelayanan terhadap seluruh warga jemaat. Dengan demikian GKPS Jambi tetap mampu membangun keutuhan persekutuan, meningkatkan tugas kesaksian dan pelayanan. 

“Satu hal lagi yang perlu dilaksanakan GKPS Jambi, yaitu membuat sejarah perkembangan gereja. Sejarah GKPS Jambi perlu dibuat selagi tokoh-tokoh pendiri GKPS Jambi masih ada. Sejarah tersebut perlu agar generasi penerus GKPS Jambi mengetahui sejarah gerejanya. Untuk itu GKPS Jambi perlu membentuk tim perumus penulisan sejarah,”katanya.


Meriah

Duet artis Simalungun Medan, Juni H “Beldi” Beldi Sinaga (Asisi Trio) dan Ramawati Br Saragih tampil memukau pada  puncak Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk
Sementara itu pesta HUT ke-33 GKPS Jambi berlangsung meriah. Acara Semalam di Simalungun : Marsombuh Sihol yang digelar untuk memeriahkan pesta HUT 33 GKPS Jambi, Sabtu (23/4/2016) malam berlangsung semarak. Kendati diguyur hujan deras, sebagian besar warga jemaat tetap hadir pada pentas kesenian Marsombuh Sihol tersebut.

Melalui iringan musik dan dendang lagu-lagu Simalungun yang dibawakan duet Beldi Sinaga (personil Asisi Trio Medan) dan Ramwati Br Saragih, St JM Purba (pemain seruling dari GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi) dan pemain music gendang (tagading) Embas Grup, pentas kesenian Marsombuh Sihol 33 Tahun GKPS Jambi berlangsung meriah. Seluruh jemaat menari bersama melalu tarian sector-sektor.

Kemeriahan pesta HUT ke-33 GKPS Jambi berlanjut hingga Minggu (24/4/2016). Berkat dukungan cuaca cerah, ibadah dan pesta HUT GKPS Jambi tersebut berlangsung semarak. Penampilan duet Beldi Sinaga – Ramawati Saragih, St JM Purba dan Embas Musik mampu menghentak suasana sehingga sekitar 700 orang jemaat dan undangan bergembira ria, menari dan menyanyi bersama.

Puncak kemeriahan pesta berlangsung ketika berlangsung tor-tor marga – marga. Sedikitnya 15 marga Simalungun dan Tapanuli turut memeriahkan pesta HUT GKPS Jambi tersebut. Kemudian Jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi juga turut hadir memeriahkan pesta HUT GKPS Jambi. Setiap perkumpulan marga, Jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Pemuda GKPS Jambi dan sector – sector memberikan tumpak (bantuan) usetiap menari (manortor).
Tortor (tarian) Sektor GKPS Jambi memeriahkan Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk). 

Tortor (tarian) marga-marga memeriahkan Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk). 
Ketua Panitia Pesta HUT 33 GKPS Jambi, Sy Hulman Saragih pada kesempatan tersebut mengatakan, Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana pembangunan gedung sekolah minggu GKPS Jambi. Pengumpulan dana dilakukan melalui aksi pengumpulan koin oleh anak-anak sekolah minggu, tabungan keluarga, lelang, tortor marga dan sektor,  toktok ripe (janji iman) dan bantuan simpatisan. Hasil pengumpulan dana sementara hingga acara puncak perayaan HUT ke-33 GKPS Jambi, Minggu sore mencapai Rp 158 juta.

Dijelaskan, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi. Kegiatan tersebut antara lain, lomba futsal anak sekolah minggu, lomba bola voli, lomba catur, vocal grup dan koor. Kemudian dilaksanakan juga pentas seni Simalungun: Marsombuh Sihol dan Ibadah Bersama GKPS Jambi.
Praeses GKPS Distrik VI, Pdt Abdi Jekri Damanik, MSi

Praeses GKPS Distrik VI, Riau, Pdt AJ Damanik, MSI (atas) dan suasana ibadah Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/4/2016). (Foto: Sy RS Manihuruk
Hadir memberikan siraman rohani (ambilan) pada Ibadah Pesta HUT ke-33 GKPS Jambi tersebut, Praeses GKPS Distrik VI, Pdt Abdi Jekri Damanik, MSi, didampingi Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Riando Tondang, STh.

Praeses GKPS Distrik VI, Pdt Abdi Jekri Damanik, MSi, pada khotbahnya mengatakan, umat Kristen, termasuk warga GKPS, khususnya GKPS Jambi perlu terus melakukan perubahan pelayanan ke arah yang lebih baik. Para pemimpin/majelis jemaat GKPS Jambi juga perlu mengubah pelayanan dengan pola pelayanan yang mampu membangkitkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan di tengah jemaat.


“Untuk mengubah pelayanan tersebut, pimpinan majelis, majelis dan seluruh warga jemaat perlu membuka mata, membuka wawasan dan membuka hati terhadap hal-hal baru yang memiliki manfaat dalam peningkatan pelayanan. Ulang lalap ibahen hita pelayanan gaya huta-huta, hape hita domma i kota (Kita jangan mengandalkan pelayanan gaya pedesaan di tengah kehidupan kota) yang penuh dengan ragam pengetahuan, sikap hidup dan kebutuhan warga jemaat,”katanya. (Warna/Rds) 
Share this article :

Post a Comment