Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam, Luhut Panjaitan, Ketua KPU Husni Kamil Manik, Bupati Simalungun, JR Saragih dan sejumlah kepala daerah foto bersama usai pelantikan di Aula Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jumat (22/4/2016). (foto : Edo Panjaitan)

BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) Tengku Erry Nuradi melantik JR Saragih sebagai Bupati Simalungun periode 2016 - 2021 yang berlangsung di Aula Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat sore (22/4/2016).

Plt Gubsu juga melantik , BupatiKaro Terkelin Brahmana, Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, Bupati  Nias Barat Faduhusi Daely, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wali Kota Gunung Sitoli Lakhomizaro Zebua. Selain itu dilakukan juga pelantikan kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) di Provinsi Riau. 

Setelah beberapa kali diundur karena sejumlah polemik, hari ini JR Saragih resmi dilantik menjadi Bupati Simalungun periode 2016 - 2021.

Proses pelantikkan mengalami tiga kali pengunduran dari yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 6 April 2016, diundur ke 8 April 2016 dan kemudian diundur lagi ke Senin, 11 April 2016.

“Saya berusaha untuk terus mengikuti proses yang ada dan saya bersyukur bahwa hari ini saya resmi dilantik karena proses pemerintahan di Simalungun menjadi terhenti. Kalau seperti ini, rakyat yang dirugikan. Tapi kini semua sudah selesai, saya akan terus memperbaiki program kerja yang sudah saya laksanakan. Mohon doanya agar saya bisa menjadikan Simalungun lebih maju lagi," ungkap JR Saragih, Jumat (22/04/2016).

Sebelumnya Bupati petahana ini sempat digugat oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Simalungun terkait pembatalan pencalonan dirinya. Namun, PT TUN Medan mengabulkan gugatan Calon Bupati JR Saragih. Hakim memutuskan bahwa JR Saragih berhak ikut dalam pemilihan.

Setelah memenangkan hasil putusan MK dan pelantikan, JR Saragih menegaskan langkah selanjutnya dirinya akan segera melakukan konsolidasi dengan pihak-pihak yang menjadi pesaingnya saat kontestasi Pilkada yang lalu. 

"Kontestasi sudah selesai, sekarang saatnya bangun simalungun bersama," tutup JR Saragih usai pelantikannya oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta hari ini.

Berikut moment foto - foto pelantikan JR Saragih yang berhasil diabadikan.

Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan ucapan selamat pada JR Saragih usai dilantik sebagai Bupati Simalungun periode 2016 – 2021

Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi memasangkan tanda kepangkatan kepala daerah pada JR Saragih

Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi saat memasangkan satya lencana kepala daerah pada JR Saragih
Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan SK Pengangkatan JR Saragih sebagai Bupati Simalungun periode 2016 – 2021

Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi salam komando dengan JR Saragih usai dilakukan pelantikan
Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Menko Polhukam Luhut Panjaitan dan Ketua KPU Husni Kamil Manik menyaksikan pelantikan kepala daerah hasil pilkada di Sumut dan Riau

JR Saragih didampingi istri dan keluarga usai dilantik sebagai Bupati Simalungun saat memberikan keterangan pada wartawan.
JR Saragih bersama sejumlah kepala daerah yang dilantik usai menerima SK Pengangkatan
JR Saragih urut nomor tiga dari kiri barisan pertama duduk bersama pasangan kepala daerah yang dilantik

Menko Polhukam Luhut Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo bersama rombongan saat memasuki ruangan pelantikan. 
Sumber: hetanews.com.