}); UHN BERANGKATKAN DUA DOSEN KE CHEKO | BeritaSimalungun
Home » , , » UHN BERANGKATKAN DUA DOSEN KE CHEKO

UHN BERANGKATKAN DUA DOSEN KE CHEKO

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 20 April 2016 | 21:48

BERITASIMALUNGUN.COM-Universitas HKBP Nommensen (UHN), Medan memberangkatkan dua orang dosen menjadi dosen dan peneliti tamu selama dua bulan dengan dana Hibah Erasmus di Czeh University of Life Sciences (CULS)-Republic of Ceko.

Mereka diberangkatkan dalam sebuah upacara kebaktian di Ruang Justin Sihombing, Kampus UHN, Rabu, 20 April 2016.

Kedua dosen yang diberangkatkan tersebut adalah Dr Samse Pandiangan (dosen dan juga Dekan Fakultas Pertanian UHN, dan Dr Richard Napitupulu (dosen dan Dekan Fakultas Teknik).

Menurut Rektor Universitas HKBP, kedua dosen tersebut akan berada di Ceko selama dua bulan. Selanjutnya, Rektor mengatakan bahwa keduanya akan melakukan research, publication, lecture exchange, student exchange.

"Saya memesankan agar keduanya, bapak Samse dan Richard juga menjajagi pengembangan bisnis di Universitas tersebut," kata Dr Ir Sabam Malau.

Rektor berharap agar sekembalinya dari sana, kedua dosen tersebut dapat berbagi pengalaman dengan dosen-dosen lainnya, sehingga menjadi inspirasi bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan meneliti serta publikasi hasil-hasil penelitiannya.

"Jangan lupa membagi oleh-oleh, pengalaman bapak-bapak sekembalinya nanti dari sana,"ujar Sabam Malau. Menurut Rektor CULS memiliki usaha mengelola bisnis komoditi pertanian dan merupakan sumber pendapatan mereka di luar uang kuliah mahasiswa.

Prof Dr Albiner Siagian, Sekretaris Yayasan Universitas HKBP Nommensen, dalam sambutannya mengatakan Yayasan turut berbangga atas program pengiriman dosen tersebut.

“Kami juga merasa senang dan bangga kalau Samse dan Richard menjadi pionir pertukaran dosen, yang diinisiasi Rektor dan timnya. Kita berharap makin banyak orang hebat seperti pak Samse dan Richart. 

Di Universitas HKBP Nommensen yang akan memberi manfaat, tidak hanya membuat universitas kita terkenal, tetapi juga mendapat banyak dampak yang lebih baik bagi universitas ini. Kita berharap keduanya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sekaligus menjalin kerja sama dengan Universitas di luar negeri,” kata Albiner Siagian.

Acara pemberangkatan diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt TAM Simorangkir yang mengambil nas dari Matius 28:18-20. 

"Orang percaya harus mendunia, bertaraf internasional, tidak hanya hebat di kandang sendiri, juga di negara orang yang lain yang tidak satu negara, satu suku atau agama dengan kita. Mereka harus dapat berkomunikasi, bertukar pikiran dan bertukar ilmu dengan semua umat manusia di dunia ini" kata Pendeta Universitas HKBP Nommensen itu.

Acara tersebut dihadiri para wakil rektor, Dekan, Ketua Lembaga, para dosen serta Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen.

Kedua dosen yang turut dalam program tersebut Dr Samse Pandiangan dan Dr Richard Napitupulu, mengungkapkan rasa bangga dan terharu atas kesempatan yang diberikan kepada mereka.
Keduanya meminta dukungan doa selama mereka melaksanakan tugas tersebut. Dijadwalkan keduanya akan berangkat menuju Praha, via Kuala Lumpur, Minggu 24 April 2016 mendatang.

Selamat buat bapak Dr Samse Pandiangan dan pak Richard Napitupulu. Pro Deo et Patria! 

Keterangan Gambar: Rektor UHN Universitas HKBP Nommensen (Pakai Dasi hitam di Tengah), disebelah kanannya Dr Samse Pandiangan dan Dr Richard Napitupulu, Prof Dr Albiner Siagian. (St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a Comment