}); Gereja Hadir Dalam Pembinaan Suami-Istri Guna Mewujudkan Keluarga Penuh Kasih | BeritaSimalungun
Home » , , » Gereja Hadir Dalam Pembinaan Suami-Istri Guna Mewujudkan Keluarga Penuh Kasih

Gereja Hadir Dalam Pembinaan Suami-Istri Guna Mewujudkan Keluarga Penuh Kasih

Written By Beritasimalungun on Sunday, 22 May 2016 | 12:09

Pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Baringin Raya Pdt Renny Br Damanik melakukan gebrakan dalam pelayanan di tempat pelayanannya di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. Gebrakan itu yakni melakukan Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun.IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Sinasih-Pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Baringin Raya Pdt Renny Br Damanik melakukan gebrakan dalam pelayanan di tempat pelayanannya di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. Gebrakan itu yakni melakukan Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun.

Menurut Pdt Renny Br Damanik yang telah lulus Jurusan Pastoral Counceling di S2 UKSW ini, pembinaan dilakukan bagi keluarga yang telah berumah tangga berusia 1-5 tahun. Kelas pertama dan dilanjutkan nantinya keluarga yang berusia 6-10 tahun untuk kelas 2 demikian seterusnya.

“Hal ini dilaksanakan mengingat banyak-nya persoalan Rumah Tangga. Pembinaan ini menurut saya lebih bermanfaat dari pembinaan majelis yang menghabiskan banyak biaya tapi efeknya sedikit,” kata Pdt Renny Br Damanik.

Katanya, ketika mengadakan pembinaan ini yang dikelompokkan menurut usia pernikahan banyak hal nilai nilai positif yang terjadi. Ternyata dari hasil pembinaan ini kelihatan banyak sekali persoalan suami isteri dan penuh dengan airmata.

“Akhirnya pembinaan ini diadakan pembasuhan kaki suami kepada isteri dan sebaliknya dan saling mengampuni. Hatiku bahagia saat semua peserta mau terbuka dan melepaskan beban masing masing. Biarlah keluarga yang 10 keluarga ini menjadi keluarga yang terberkati 1.Tawarikh 17: 27,” kata Pdt Renny Br Damanik.

Berikut Ini Respon Jemaat terhadap gebrakan Pdt Renny Br Damanik yang melakukan Pembinaan Rumah Tangga (Suami-Istri) berusia 1 hingga 5 tahun di wilayah pelayanannya di GKPS Resort Baringin Raya, Kabupaten Simalungun. (Lee)
Susanti Purba
Susanti Purba Waduh.....terharu....ngeliatnya...semangat terus ya Inang Pendeta...untuk pelayanannya semakin bersinar lebih dipakai luar bisa lagi oleh Tuhan GBU
Jhonedy Chandra Tamsar
Jhonedy Chandra Tamsar Luar biasa....
Menginspirasi sekali kak. Tuhan memberkati
T Christine Sitorus
T Christine Sitorus Lanjutkan Inang
Melly Damanik
Melly Damanik mantap polu...
Nurseni Saragih
Elga Yosanti Saragih
Elga Yosanti Saragih Bagus kali atturang. Kerennn terobosannya. Ini pasti hal baru buat jemaat2 disanaaa.... wawwwwww.... jempollll banget deh atturang ku ini...
Renny Damanik
Renny Damanik Inang Susanti Purba.. iya ya nang. Aku juga. Karena kalau rumah tangga udah baik otomatis pertumbuhan gereja pasti bagus. Maaf inang mau nqnya inang kuria dimana ya?
Susanti Purba
Susanti Purba Anggo hanami GKPS Pasar Kemis Resort Tangerang nang...tapi anggo orang tua i Purba Tongah do Res Purba...Jadi pengalaman do diri hinan ihuta by nang...mungkin terharu au mangidah pelayananmu on...pasti hasilnya lebih luar biasa lagi...Tetap semangat Nang
Renny Damanik
Renny Damanik Oh iya inang. Naha mambahen ase marsiarganan suami isteri janah marsiurupan. Lang tahan au mangidah pergumulan kuria i huta huta on. On ma caraku mangurupi. Doakan n dukung ya nange.
Renny Damanik
Renny Damanik Jhonedy Chandra Tamsar...makasih adekku. Karena selama ini yang digalakkan pembinaan majelis biaya besar tapi dampaknya tidak seberapa. Jadi kalau sekarang menurut aku lebih baik pembinaaan rumah tangga dulu di galakkan spy semua terlayani dan tersentuh.
Jhonedy Chandra Tamsar
Jhonedy Chandra Tamsar Lebih menyentuh dan sasarannya jelas kak. Dan hasilnya pasti lebih real.
Renny Damanik
Renny Damanik Betul sekali dek. Maka nya aku lakukan ini karena ini resort baru dan masih mudah diatur. Dimana nya sekarang resort ma dek?
Jhonedy Chandra Tamsar
Jhonedy Chandra Tamsar Aku masih di Kaltim kak
Renny Damanik
Renny Damanik Ohhh... udah buat aja di situ bang.

Renny Damanik
Renny Damanik Ibu T Christine Sitorus... saya akan lanjutkan ibu. Tengkiu spiritnya.
Renny Damanik
Melly Damanik
Melly Damanik terobosan baru polu..keren lanjutkan ...

Renny Damanik
Renny Damanik Nurseni Saragih...Kenapa nangis ibu?
Renny Damanik
Renny Damanik Elga Yosanti Saragih...Itu hasil perenungan dalam sayangku. Mengubah pelayanan Rutinitas Menjadi Kreatif. Kemudian itu aku lakukan saat sering hidup bersama dan mendengar jeritan ibu ibu di huta huta ini maka aku terinspirasi lakukan ini. Makasih elga doa dan jempolnya. Hugh you
Nurseni Saragih
Nurseni Saragih halani terasa ada air mata dalam hubungan suami isteri itulah memang yang terjadi selain perbedaan ada juga orang ketiga yang membuat hubungan itu tidak seperti yang diharapkan biarpun orang ke3 itu berupa keluarga sendiri
Renny Damanik
Renny Damanik Yang inang bilang salah satu faktor penyebab ketidak hangatan dalam keluarga. Itu juga terungkap dalam pembinaan ini. Tapi tak pernah terungkap karena tidak ada mediator untuk itu di huta huta.
Enita Silalahi
Enita Silalahi Mantap baya kae........membuka hati dan memicu kreatifitas dalam pelayanan. Teach me more...
Rohdin Saragih
Rohdin Saragih Inspiratif...
Renny Damanik
Renny Damanik Makasih ya Nit. Mengubah rutinitas menjadi kreatif lebih guna dan bermanfaat dan sasaran jelas.
Lindawati Girsang
Lindawati Girsang Mantap Pdt sebenarnya inilah yang sangat dibutuhkan Keluarga. Semoga bisa ditularkan ke gereja yang lain...
Renny Damanik
Renny Damanik Rohdin Saragih...Makasih yaa adekku. ROH KUDUS yang mengajari. Hehehe
Renny Damanik
Renny Damanik Iya iya ya inange. Betul sekali. Aku siap menularkan. Hehehe
Lindawati Girsang
Lindawati Girsang Terimakasih Pdt semoga sehat2 terus dalam pelayanan di Pulau Patmos sehingga bisa tertular kesebrang...
Renny Damanik
Renny Damanik Hahahaha...inangeeeeeee...Pulau Patmos . Roh ma ham.
Rosnauly Saragih
Rosnauly Saragih Setuju dan mantap kali. Sekaligus bagaimana mendidik anak2 sedini mungkin khususnya mental prilaku praktis dan seksual sehingga tidak terjadi penyimpangan...bagus kali Pdt Ren nami...
Roslyn Nadeak
Roslyn Nadeak Luar biasa ibu Pdt ini bah...seandainya semua hamba Tuhan mau melayani sepenuh hati seperti pdt Renny...wah mantapnya.
Esteria Pangaribuan
Esteria Pangaribuan Puji Tuhan, salut dan terharu ibu Pdt. Semoga kami bisa mencontoh seperti yang ibu lakukan. Melayani dengan kerendahan hati bagi sesama dengan tidak pandang bulu terhadap jemaat. Apakah itu ditempat basah atau kering. Harus tetap menjadi garam dan terang. Slamat melayani ya bu Pdt..Jbu
Rosanni Sinaga
Rosanni Sinaga keerreennnn....maju trus inang & YBU
Evie Purba
Evie Purba Mantap inang pdt Renny Damanik......lanjutkan nang
Dina Girsang
Dina Girsang Mantappp nang semangat tetap melakukan perubahan dimana dan kapan saja Tuhan berkati.
Amir Esthomihi Purba Etto
Amir Esthomihi Purba Etto Luar Biasa inang Pdt,hal2 seperti ini lah yang patut jemaat terima, jadi yang dinamakan Pembinaan itu, tidak melulu hanya membahas suatu Materi, tetapi langsung di Praktek kan,Saluuut dan Super sekaliii
Evie Purba
Evie Purba Bisa diundang nanti ke Duri ya inang pdt Renny Damanik.......
Rohma Sari Purba
Rohma Sari Purba Mantap Pdt
Renny Damanik
Renny Damanik Amboru Rosnauly Saragih...mksh inang.
Renny Damanik
Renny Damanik Ibu Roslyn Nadeak...mksh pujiannnya semoga aku setia dan taat dan tetap melayani yang tertinggal tertindas terlupakan dan tersingkirkan.
Renny Damanik
Renny Damanik Ibu Esteria Pangaribuan.. Terimakasih ibu. Biarlah yang kering jadi basah... dan yang terlupakan tidak terpinggirkan. Saya melakukannya karena aku bayangkan jika mereka jadi aku. Ku yakin Tuhan mencukupkan walaupun saya di tempat ini.
Renny Damanik
Renny Damanik Rosanni Sinaga...Ya inang dan doakan.
Renny Damanik
Renny Damanik Inangku Vorhanger Evie Purba...terimakasih ibu atas perhatian nya kepada ku after sinode 42 itu. Aku mengenang inang selalu yang menjadi Srikandi kebenaran. Klo ke Duri ..boleh aja sepanjang ada SIM dari inang. Hehehe
Evie Purba
Evie Purba SIM akan diberikan.....nanti saya kontak iya inang......ini untuk program sie wanita dan sie bapa....kita buat kerja sama antar seksi nanti.....untuk pembinaan keluarga.....

Lestary Sinaga
Lestary Sinaga Luar biasa nang ...hal yang masih sulit dilakukan para suami apalagi dihuta....semoga tidak sulit mengumpulkan mereka dan berkelanjutan ya nang. Tuhan memberkati
Renny Damanik
Renny Damanik Bapa Amir Esthomihi Purba Etto...anggo i huta lang sai boi itangkap sidea pasal materi materi tumang memang halani huja hu huta do sidea apalagi mamikiri sulitni ekonomi sidea. Jadi na boi iahapkon langsung ma na baen pembinaanni. Terimakasih ma bamu. Maaf kuria ja do ham?
Amir Esthomihi Purba Etto
Amir Esthomihi Purba Etto Kuria GKPS Pasar Kemis Resort Tangerang do anggo au inang, anggo hutanami I Sirpang Sigodang,... Sangat tertarik tumang do au mangidah Metode Pembinaan na binahen mu in. Halani domma piga hali ni dihutan Pembinaan Majelis Pakon Keluarga,Lang boi
Terealisasi, singgan bani Panorang Pembinaan ai tumang do das Hata nokkan
Renny Damanik
Renny Damanik Betul bapa... hape biaya gok bois panorang dokah. Jadi au i resort on au sandiri do mambina tanpa biaya halani madoyuk do ha 5 masi kuria ku on. Tapi age madoyuk asalma lang madoyuk partonduyonni. Par Pasar Kemis tene. Salam ma bani adekku anggo juppah nasiam Kornelis Damanik damanik Ketua Bapa GKPS Tangerang.
Amir Esthomihi Purba Etto
Amir Esthomihi Purba Etto Anggo au Mar Pandapot inang ,Lang habilangan Malas ni uhur ni Kuria na i Resort in,mangahapkon Pangidangion ni Ham,
Renny Damanik
Renny Damanik Eak bapa.. suruh ham homa pandita nadiam in mambahen pembinaan hu kuria na etek etek na i resort in. Ase boi homa bertumbuh. Rup hinan do au pakon pdt nasiam in i Cempaka Putih. Hehehehe
Amir Esthomihi Purba Etto
Amir Esthomihi Purba Etto Eak inang,andohar boi hanami mangihutkon na binahen ni ham in,Malas uhur,
Jaharianson Saragih
Jaharianson Saragih Ruar Biasa. Lanjutkan
Jaharianson Saragih
Jaharianson Saragih Kinestetik Approach. He3
Esteria Pangaribuan
Esteria Pangaribuan Amin dan setuju Bu Pdt. Maju terus laskar Kristus..doakan
hamba2 Tuhan. Digereja kami ya bu agar bisa mencontoh seperti yang ibu lakukan..
Renny Damanik
Renny Damanik Inang Dina Girsang..aima tongon. Doakan ya nange.
Chlara Shintia Sidauruk
Chlara Shintia Sidauruk Terpujilah Tuhan..
Sangat terinspirasi nang Renny Damanik
Renny Damanik
Renny Damanik Lestary Sinaga ..Terimakasih yang inang. Walaupun memang sulit tapi aku juga selalu mendekati dan nangelek sidea. Maklum ma rumah tangga yang muda muda.
Lestary Sinaga
Lestary Sinaga Semoga inang sehat sehat ya...butuh penuai yg kapabel Tuhan sangat tau kebutuhan inang dan jemaat disitu. Sedikit banyak aku banyak tau cultur diwilayah tempat inang melayani sebab masih banyak keluarga disana,hanya saja mereka HKBP.....Peluk kuat untuk inang
Renny Damanik
Renny Damanik Terimakasih buat kehangatan pelukannya dan baiknya inang hugh so tigh me. Hehehe.. rindu ke Bekasi.
Renny Damanik
Renny Damanik Sang guruku..Pdt Jaharianson Saragih...bapak lah yang mendorong dan menjadikan ku begini. Teladan mu perlahan ku ikuti dan aku study lanjutan oleh karena dorongan bapa. Selalu ku ingat petuah bapa: Ubah lah kekecewaan jadi sukacita. Terimakasih pak guru Jaharianson Saragih n Ephorusku.
Renny Damanik
Renny Damanik Esteria Pangaribuan..Mari sama sama mendoakan dan gereja inang maju terus GPIB.
Renny Damanik
Renny Damanik Adikku Chlara Shintia Sidauruk.. amin. Mksh pujiannya dari seberang sana yg tdk punya sinyal. Hahahaha
Marsaulina Hutagalung
Marsaulina Hutagalung Botul ma ai inang pandita.
Marsaulina Hutagalung
Marsaulina Hutagalung Porluni pembinaan rumah tangga bani bahatni parsoalan panorang on ibu pandita ,...
Chlara Shintia Sidauruk
Chlara Shintia Sidauruk Waaah,dulunya masa bang Jhon Ricky Purba gak ada sinyal nang Renny Damanik,kalau sekarang wuuiiiihhh sinyalnya udah mantap..cuma itulah kalau mati lampu ya mittop sinyalnya..hehe..salam semangat pelayanan dari Pulau Patmos Sinasih ya nang..
Jhon Ricky Purba
Jhon Ricky Purba Tetap semangat walaupun di Sinasih Pdt. Chlara Shintia Sidauruk dan Baringin Raya Pdt. Renny Damanik. Melayani dengan luar biaza.
Chlara Shintia Sidauruk
Chlara Shintia Sidauruk Baaahhh..semangatnya kami terus bang...
Renny Damanik
Renny Damanik Dia tdk semangat kareba di kota dan di samping mall raya dek Chlara Shintia Sidauruk.. giut pdt Jhon Ricky Purba orang kota. Wkwkwk
Chlara Shintia Sidauruk
Chlara Shintia Sidauruk Hahaha..
Kalau bang Jhon Ricky Purba kekurangan semangat,sila berkunjung ke kampung kami.ya bang
Jhon Ricky Purba
Jhon Ricky Purba Semangat yg berapi2 sampe martimus do Raya KOTA. Halani hita i KOTA..... bu Renny Damanik. Okokok dek Chlara Shintia Sidauruk. Ntar aku akan ke 7na7h ya dek. Hehehehe

Renny Damanik
Renny Damanik Hai ibu Marsaulina Hutagalung aoa kabar cempaka putih. AKU RINDUUU BANI NASIAM. Aha do na botul ai ibu?
Renny Damanik
Renny Damanik Aku kan ..tardopkon roha boru Chlara di pulau patmos ini. Ngapain pun tak bisa mittop ganup. Jadi hu kota ma lobei mangalop sinyal. Wkwkwkwkwk
Jenny Achiever
Jenny Achiever Wow day by day.. Pelayanan kakak smakin luar biasa. Kiranya nama Tuhan Yesus smakin dipermuliakan ya kakak.. Cemungud teyussss☺☺๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡
Renny Damanik
Renny Damanik Hai gawei Jenny Achiever.. i have a joy joy joy in my heart because He love me . Edisi teringat juni 2015. Mksh ya say doakan kami supaya tetap setia padaNya.
Greos Saragih
Greos Saragih Baiklah nang. Hari ini sy cepat pulang biar kubasuh kaki orang rumah...hehehe. Horas bani pelayanan
Renny Damanik
Renny Damanik Aduhh pahopuku Greos Saragih..ini buat aku terkekeh kekeh. Nattuari juppa au pkn kaha i Rom.
Suriati Damanik
Suriati Damanik Hmm mm bagus jg ini kak kalau disetiap
Suriati Damanik
Suriati Damanik Kalau disetiap gereja dibuat berarti pasangan suami istri jd nya terberkati dan dpt panutan di masyarakat terlebih dihadapan tuhan
Renny Damanik
Renny Damanik Betul adekku yg cantik Suriati Damanik.
Dame Purba
Dame Purba Luar biasa pendeta....salut...bangga...senang...mengikuti perkembangan pelayananmu....sai ipargogohi Tuhan maham..janah sehat2 ya pendeta....
Greos Saragih
Greos Saragih
Greos Saragih Makin hari saya makin tertarik mendiskusikan hubungan antara perekembangan anak dan keluarga. Sebab, karakter setiap orang, ternyata dibangun di dalam rumah. Saya jadi ingat suasana masa kecil dulu di tengah-tengah keluarga kami.

Rasa rendah diri yang cukup lama saya idap, bersumber dari akumulasi "kerusuhan" yang sering terjadi di tengah-tengah keluarga, terutama Inangku pakon Bapakku. Sapari. Sonari lang be. Dalam seminar kecil di GKPS Tanjungpinang 2 tahun lalu, saya sempat mengatakan, sebagai Bapak/Ayah, hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita adalah mencintai Ibunya.

Hadiah terbaik kedua adalah waktu kita. Mengapa demikian? Sebab jika Bapa pakon Inang hidup rukun di dalam keluarga, psikologi anak bertumbuh normal. Ia merasa aman, tentram dan nyaman. Hidupnya ceria dan bahagia.

Jika hatinya berbunga-bunga tiap hari, saraf otaknya berkembang optimal. Ia mudah menangkap pelajaran di sekolah dan kepribadiannya cenderung "soft" tenang dan kalem. Sebaliknya, jika di rumah sering terjadi "kerusuhan" antara Inang pakon Bapa, akibatnya anaklah yang paling menderita. Kita tentu bisa melihat di sekeliling kita perihal produk keluarga yang "aman" berbading produk keluarga yang sering "goncang".

Lalu saya katakan dalam seminar itu : "Setelah selesai seminar ini, mari kita semua Bapa pulang ke rumah dan mulai hari ini cintailah Istri kita setulus hati, setiap hari, karena sesungguhnya itu pula hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita plus waktu kita. Ulang lalap songgak-songgak. Dan kami pulang dengan wajah sumringah malam itu. Saya tidak tau Inang pendeta Renny Damanik apakah mereka malam itu membasuh kaki istri mereka atau tidak.
Renny Damanik
Renny Damanik Inang Dame Purba....terimakasih atas perhatian inang untuk saya. Inang itu semua bisa terjadi saat begitu banyak yg doakan n support saya termasuk inang Dame purba sesudah pemutasian kemarin. Biar lah mereka semakin dekat kpd Tuhan melalui pelayanan ini. Terimakasih untuk semuanya.
Renny Damanik
Renny Damanik Greos saragih betul tumang aha na ituangkon ham bani tulisan on dan aku senang baca nya dan inilah yg sering terjadi. Yg pembinaan kemarin setelah keterbukaan kedua belah pihak dan mau saling menerima dan mengembalikan kehangatan Rumah tangga seperti awalnya diakhirilah acara dgn membasuh kaki dgn penuh deraian airmata.

Mase ? I huta huta ngalut do manuruh sahalak bapa laho mambasuh parinangonni tapi dalam kuasa Tuhan semua itu bisa. Keangkuhan dikalahkan oleh kerendahan hati. Nanggi pe terenyuh do mangidah sidea on. Salam sukacita dari nanggi ya Greos Saragih.
Sihol Girsang
Sihol Girsang Muantap. Puji Tuhan.
Kornelis Dehotman Damanik
Kornelis Dehotman Damanik
Kornelis Dehotman Damanik Special thanks ma hatahon bani ephorus ai halani domma itempathon hu pulau patmos ai....lambin marbanggal lambit marurat lambin matoras lambin gijang lambin jagar ma kuria patmos ai...hehehee
Kornelis Dehotman Damanik
Kornelis Dehotman Damanik Akan kita kirimkan segera energy dr sini hehehe
Asenk Lee SarMan
Asenk Lee SarMan Mantap, Gebrakan Pelayanan di Talun Simalungun. Diberkatilah Pelayanan Inang Pendeta (Pariban Kandung). GBU.
Francisca Damanik

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST

Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST



Pembinaan Keluarga (Suami-Istri) yang berusia 1 hingga 5 tahun oleh Pdt Renny Br Damanik di GKPS Pulau Patmos Sinasih, Sabtu 21 Mei 2016. IST


Share this article :

Post a Comment