}); Melestarikan Lagu Rohani Simalungun Melalui Pesta Sekolah Minggu | BeritaSimalungun
Home » , » Melestarikan Lagu Rohani Simalungun Melalui Pesta Sekolah Minggu

Melestarikan Lagu Rohani Simalungun Melalui Pesta Sekolah Minggu

Written By Beritasimalungun on Monday, 30 May 2016 | 07:11

Tim VG Anak Sekolah Minggu Sektor Epesus GKPS Jambi Juara I lomba VG Pesta HUT ke-48 Sekolah MInggu GKPS di GKPS Jambi, Minggu (15/5/2016). (Foto : Asenk Lee Saragih) 



Tim VG Anak Sekolah Minggu Sektor Korintus GKPS Jambi Juara II lomba VG Pesta HUT ke-48 Sekolah MInggu GKPS di GKPS Jambi, Minggu (15/5/2016). (Foto : Asenk Lee Saragih)
BERITASIMALUNGUN.COM, Jambi-Anak-anak sekolah minggu (ASM) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di perantauan atau diaspora ternyata masih tetap antusias dan mencintai lagu-lagu rohani (doding) berbahasa Simalungun. Antusiasme atau ketertarikan menyanyikan lagu-lagu rohani berbahasa SImalungun itu ditunjukkan ASM GKPS Jambi ketika mengikuti lomba vocal grup (VG) dalam rangka pesta perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 SM GKPS di GKPS Jambi, Minggu (15/5/2016).

Empat tim VG SM GKPS Jambi yang tampil pada lomba tersebut cukup fasih menyanyikan lagu rohani Simalungun yang diperlombakan, “Nini Titah Palimahon” dari Doding Haleluya Nomor 504. Penampilan para peserta VG ASM juga cukup memikat seperti penampilan tim VG orang dewasa pada umumnya. Penampilan para peserta VG ASM GKPS Jambi tersebut benar-benar mampu menyemarakkan Pesta Perayaan HUT SM GKPS ke-48 di GKPS Jambi.

Sementara itu untuk memeriahkan perayaan HUT ke-48 SM GKPS di GKPS Jambi dilaksanakan Sekolah berbagai kegiatan. Pada hari Sabtu (14/5/2016) dilaksanakan perlombaan fashion show (peragaan busana), lomba makan kerupuk dan lomba membawa kelereng. Seluruh kegiatan diikuti anak-anak sekolah minggu dengan  antusias.

Puncak Pesta HUT SM GKPS tersebut ditandai dengan ibadah bersama dengan orangtua di GKPS Jambi, Minggu (15/5). Pada kebaktian diadakan liturgi anak sekolah minggu (ASM), koor ASM dan lomba VG. Lomba VG diikuti ASM empat sektor, yakni Sektor Pilippi, Korintus, Epesus dan Tesalonika. Khotbah pada kebaktian tersebut dibawakan Vikar Pdt Jensi Purba, STh. Para pemenang lomba VG tersebut, yakni ASM Epesus sebagai Juara I, Juara II (Korintus), Juara III (Tesalonika) dan Juara IV (Pilippi).

Juri lomba VG, St R Saragih mengatakan, semua peserta tampil dengan baik, suara harmonis dan etika di panggung baik. Kekurangan peserta VG hanya pada kurangnya penguasaan nada, khususnya suara alto (dua) dan tenor (tiga). Untuk masa mendatang, para peserta lomba VG perlu latihan yang sungguh-sungguh.

Sementara itu, Vikar Pdt Jensi Purba, STh yang menyampaikan khotbah pada kesempatan tersebut mengharapkan anak-anak hidup dengan baik sesuai dengan buah-buah roh, yakni bersuka cita, rendah hati, pengendalian diri, lemah – lembut dan sebagainya. Orang tua juga diharapkan hidup sesuai dengan buah – buah roh.

“Roh Kudus menguatkan kita untuk bisa menghadapi berbagai tantangan hidup. Kalangan anak-anak dan pemuda hendaknya mengandalkan bimbingan Roh Kudus agar terhindar dari perbuatan-perbuatan tidak baik,”katanya.


Setelah ibadah selesai, Pesta HUT SM GKPS tersebut diisi dengan kegiatan lelang, pemotongan kue ulang tahun, pengumuman dan pembagian hadiah lomba serta pombagian jadiah atau bingkisan kepada anak-anak sekolah minggu. (Warna/Rds)
Share this article :

Post a Comment