Home » , » Ratusan Anak Indonesia Bersemangat Rayakan Bhinneka Tunggal Ika di Hardiknas

Ratusan Anak Indonesia Bersemangat Rayakan Bhinneka Tunggal Ika di Hardiknas

Written By Beritasimalungun on Monday, 2 May 2016 | 11:25

Ratusan Anak Indonesia Bersemangat Rayakan Bhinneka Tunggal Ika di Hardiknas
Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta -Indonesia dikenal dengan keberagaman bahasa dan suku bangsanya. Pada hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei, ratusan siswa berpakaian adat berkumpul di lapangan Kemendikbud.

Mereka berbaris rapi dan melakukan devile (parade) saat memasuki lapangan upacara. Upacara ini akan dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan yang mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan blangkon.
Mendikbud Anies Baswedan (foto: Kartika/detikcom)


"Jadi tema hari pendidikan tahun ini adalah nyalakan pelita terangkan cita-cita," kata Anies sebelum memulai upacara di Lapangan Kemendikbud, Senin (2/5/2016).

"Di hari pendidikan ini kita gunakan pakaian adat, pakaian adat menjadi pakaian upacaranya, kita ingin mewariskan bahwa pendidikan adalah bagian dari kebudayaan. Dan kebudayaan Indonesia  kebhinnekaannya ini luar biasa, lebih dari 700 bahasa. Lebih dari 400 suku bangsa," imbuh Anies.

Dia berharap, dengan melakukan seremonial ini anak Indonesia dapat lebih mencintai keberagaman. Terlebih, kata Anies, tidak semua tempat bisa hidup dengan beragam perbedaan seperti Indonesia.

"Tak ada bangsa sebhinneka Indonesia, tapi berhasil bersepakat memiliki satu bahasa bersama bahasa Indonesia. Di hari pendidikan ini kita ingin merayakan keduanya, kebhinnekaan dan persatuan," papar Anies.


Anak Indonesia sendiri, sambung Anies, harus menyadari akan kekayaan yang dimiliki bangsanya. "Kebhinnekaan dan persatuan harus dirawat, tidak bisa otomatis, kita  akan selalu menghadapi tantangan, pasti akan selalu ada," ungkap Anies.

"Bila anak-anak kita terbiasa hidup dalam kebhinnekaan, mengerti bagaimana mengelola kebhinnekaan, dan tahu pentingnya persatuan. Warisan ini bisa kita teruskan," ujar dia.(Sumber: Detik.com)
Share this article :

Post a Comment