}); 10 Hektar Hutan Lindung Gunung Sipisopiso Terbakar | BeritaSimalungun
Home » , , » 10 Hektar Hutan Lindung Gunung Sipisopiso Terbakar

10 Hektar Hutan Lindung Gunung Sipisopiso Terbakar

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 7 June 2016 | 10:03

Kobaran api melalap kawasan hutan lindung Gunung Sipiso-piso di Dusun Simpang Bage, Nagori Sinar Naga Mariah, Kecamatan Pamatang Silimahuta.Yoga Girsang/Metro Siantar
BERITASIMALUNGUN.COM, Sipisi-piso-Kawasan Hutan Lindung Sipiso-piso di Desa Simpang Bage, Nagori Sinar Naga Mariah, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Simalungun, terbakar. Diduga api berasal dari pinggir jalan umum menuju Dusun Hoppoan.

Meski tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi Sabtu (4/6/2016) sekira pukul 17.30 WIB itu, namun kobaran api menghanguskan 10 hektare lahan yang ditumbuhi pohon pinus dan semak belukar.

Melihat kejadian itu, petugas KUPT Kehutanan Wilayah Tiga Saribudolok dibantu jajaran Polsek Saribudolok beserta Koramil setempat, melakukan pemadaman. Walau terbilang a lot karena kawah gunung yang curam, akhirnya kobaran api mampu dipadamkan sekira pukul 22.10 WIB dengan peralatan seadanya.

“Kita belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran hutan ini. Tetapi, diduga asal api dari pinggiran jalan umum menuju Dusun Hoppoan,” kata KUPT Kehutanan Wilayah 3 Saribudolok J Simbolon didampingi Kapolsek Saribudolok AKP B Manurung, Kanit Reskrim S Sinaga, Babinsa Koramil Saribudolok D Saragih, saat pemadaman, Sabtu (4/6) sekira pukul 22.00 WIB.

Lanjut Simbolon, bahwa Gunung Sipiso-piso sudah rutin mengalami kebakaran. Diduga kuat karena dibakar oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang juga diduga membuang punting rokok sembarangan ke kawasan hutan.

“Seperti sebelum-sebelumnya, kawasan ini selalu terbakar pada musim kemarau panjang. Namun, kebakaran kali ini mengalami pergeseran,” terang Simbolon sembari mengharapkan agar masyarakat tidak sembarangan membuang punting rokok dan menyalakan api di kawasan hutan. (MSC)
Share this article :

Post a Comment