Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Gol Bunuh Diri Batalkan Kemenangan Irlandia atas Swedia



Gelandang Republik Irlandia, Jeff Hendrick (13), berupaya menghentikan laju striker Swedia, Zlatan Ibrahimovic (kedua kiri), dalam pertandingan penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stade de France, Senin, 13 Juni 2016.
Gelandang Republik Irlandia, Jeff Hendrick (13), berupaya menghentikan laju striker Swedia, Zlatan Ibrahimovic (kedua kiri), dalam pertandingan penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stade de France, Senin, 13 Juni 2016. (AFP)

BERITASIMALUNGUN.COM-St Denis - Republik Irlandia dan Swedia berbagi skor imang 1-1 dalam pertandingan pertama penyisihan Grup E Piala Eropa 2016, Senin (13/6). Irlandia unggul lebih dulu lewat aksi Wes Hoolahan. Namun harapan pasukan Martin O'Neill memetik poin maksimal pudar karena gawang mereka bobol oleh gol bunuh diri bek Ciaran Clark.

Peluang emas untuk Irlandia terjadi ketika Jeff Hendrick melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ke gawang Swedia. Namun aksinya gagal membuahkan gol lantaran membentur mistar gawang.

Irlandia mendapat peluang ketika pertandingan memasuki menit kesembilan. Walters melakukan lemparan ke dalam ke arah Hendrick sedikit di luar kotak penalti Swedia. Gelandang bernomor punggung 13 ini lalu melancarkan tendangan ke arah gawang dan membuat kiper Andreas Isaksson harus berjuang menepisnya.

Dua menit kemudian giliran Swedia yang nyaris menjebol gawang Irlandia. Zlatan Ibrahimovic berhasil merangsek ke pertahanan Irlandia dan memberi umpan kepada Marcus Berg. Namun Darren Randolph lebih cepat bereaksi dan menggagalkan peluang lawannya.

Menit ke-29, Brady melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Kejadiannya akan lain jika tendangannya lebih rendah beberapa sentimeter. Bola hasil tendangannya hanya lewat tipis di atas gawang Isaksson.

Gawang Swedia dipastikan bobol pada menit ke-32 seandainya tendangan Hendrick tidak mengenai mistar gawang. Irlandia belum dinaungi keberuntungan dalam laga ini.

Pelatih Swedia Erik Hamren, terpaksa menarik keluar bek kanan Mikael Lustig pada menit ke-44 akibat cedera. Posisinya digantikan Erik Johansson. Hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang terjadi.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Irlandia langsung tampil menggebrak. Upaya ini membuahkan hasil saat babak setelah jeda baru berjalan dua menit. Gol yang membawa tim asuhan Martin O'Neill tersebut unggul dicetak Wes Hoolahan pada menit ke-48.

Gol berawal dari umpan yang dikirim Seamus Coleman dari sisi kiri pertahanan Swedia. Hoolahan yang berhasil lepas dari kawalan lawan langsung menyambutnya dengan tendangan first time dan membuat kiper Andreas Isaksson hanya menangkap angin.  

Gol ini membawa Hoolahan menjadi pemain keempat Irlandia yang sukses mencetak gol di Piala Eropa setelah Houghton, Whelan and St.Ledger.

Swedia langsung bereaksi setelah kebobolan. Mereka mampu melakukan tekanan melalui Emil Forsberg dan Ibrahimovic, namun semua tak membuahkan gol. 

Pada menit ke-60, gawang Irlandia kembali terancam. Memanfaatkan umpan silang Olsson, Ibrahimovic berhasil mengusai bola. Namun upayanya mencetak gol gagal lantaran bola diadang Ciaran Clark sehingga melebar.

Namun pada menit ke-71, Clark justru membuat gawang timnya kebobolan. Gol terjadi berawal dari gerakan Zlatan Ibrahimovic di sisi kanan pertahanan Irlandia.

Penyerang jangkung ini kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang. Clark bermaksud menghalau bola keluar lapangan dengan sundulan. Namun ternyata bola melesak ke gawang sendiri dan membuat kiper Darren Randolph hanya bisa terpana.

Dua menit setelah kebobolan Irlandia langsung bereaksi. Mereka mengancam gawang Swedia melalui aksi Hendricks yang melancarkan tendangan dari sudut sempit. Namun kiper Isaksson dengan cekatan mencegah gawangnya kembali kebobolan.

Hingga pertandingan usai tak ada gol tambahan yang terjadi. Kedua tim harus puas memetik satu poin dari pertandingan perdana mereka di Piala Eropa kali ini.

Susunan pemain:
Republik Irlandia (4-3-1-2): 23. Darren Randolph; 2. Seamus Coleman, 4. John O'Shea, 3. Ciaran Clark, 19. Robbie Brady; 8. James McCarthy (7. Aiden McGeady 84), 6. Glenn Whelan, 13. Jeff Hendrick; 20. Wes Hoolahan (10. Robbie Keane 77); 14. Jon Walters (11. James McClean 63), 9. Shane Long.
Pelatih: Martin O'Neill

Swedia (4-4-2): 1. Andreas Isaksson; 2. Mikael Lustig (3. Erik Johansson 44), 14. Victor Lindelof, 4. Andreas Granqvist, 5. Martin Olsson; 7. Sebastian Larsson, 18. Oscar Lewicki (8. Albin Ekdal 85), 9. Kim Kallstrom, 6. Emil Forsberg; 11. Marcus Berg (20. John Guidetti 58), 10. Zlatan Ibrahimovic.
Pelatih: Erik Hamren
Stadion: Stade de France
Wasit: Milorad Mazic (Serbia)
Jaja Suteja/JAS
UEFA

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments