Home » » Irlandia Utara Singkirkan Ukraina

Irlandia Utara Singkirkan Ukraina

Written By Berita Simalungun on Friday, 17 June 2016 | 08:17

                              



Lyon–Kemenangan akhirnya diraih Irlandia Utara di Piala Eropa 2016. Setelah dikalahkan Polandia di laga pertama Grup C, Irlandia Utara sukses mengemas kemenangan 2-0 atas Ukraina di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (16/6) atau Jumat (17/6/2016) dini hari WIB.

Gol kemenangan Irlandia Utara dicetk Gareth McAuley di menit 49 dan Nial McGinn di injury time babak kedua. Kemenangan ini membuka asa Irlandia Utara untuk lolos ke babak berikutnya. Sedangkan buat Ukraina, kekalahan ini mengakhiri kiprah mereka di Prancis.

Keberhasilan Irlandia Utara mengalahkan Ukraina diraih dengan susah payah. Mereka harus menghadapi dominasi dan tekanan dari Ukraina selama pertandingan.

Di babak pertama, Irlandia Utara lebih banyak menunggu di areanya dan sekali-kali mengandalkan serangan balik. Mereka terus mendapat tekanan dari Ukraina.

Statistik menunjukkan Ukraina unggul 64 persen dalam penguasaan bola. Total, ada empat sepakan ke gawang tercipta; satu dari Ukraina, tiga diciptakan oleh Irlandia Utara.

Skor 0-0 menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, Ukraina kembali langsung menggempur pertahanan Irlandia Utara. Namun, secara mengejutkan Irlandia Utara berhasil menjebol gawang Ukraina. Keunggulan dibuka lewat gol McAuley. Tandukan terarah McAuley setelah emndapat assist dari Oliver Norwood tak bisa dijangkau oleh kiper Pyatov. Skor 1-0 untuk Irlandia Utara.

Tertinggal membuat Ukraina tampil menggila. Mereka terus mengepung dan membombardir pertahanan lawannya itu. Menit 51 Ukraina menyerang balik melalui Seleznyov yang mendapat bola kiriman dari set piece Yarmolenko namun McGovern dengan tenang mengamankan bola.

Lalu menit 72 Kovalenko mencoba menyontek bola hasil umpan dari Seleznyov. Namun, usahanya hanya sedikit saja di luar tiang gawang. Serangan betubi-tubi terus dilancarkan Ukraina.

Malahan jelang laga berakhir, Irlandia Utara berhasil memperbesar keunggulan lewat gol Nial McGinn meneruskan bola muntahan kiper Pyatov.

Susunan Pemain

Ukraina: Andriy Pyatov, Yevhen Khacheridi, Viacheslav Shevchuk, Artem Fedetskiy, Yaroslav Rakitskiy; Serhiy Sydorchuk (76 Denys Harmash), Yevhen Konoplyanka, Viktor Kovalenko, Taras Stepanenko, Andriy Yarmolenko; Evgen Seleznyov (72 Roman Zozulya)

Irlandia Utara: Michael McGovern, Jonny Evans, Craig Cathcart, Aaron Hughes, Gareth McAuley, Corry Evans, Jamie Ward (69 Niall McGinn) , Steven Davis, Stuart Dallas, Oliver Norwood; Conor Washington.





Iman Rahman Cahyadi/CAH
Share this article :

Post a Comment