Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jokowi akan Kirim Feri Besar dan Bangun Dermaga Baru di Samosir


Presiden Jokowi/Facebook
Presiden Jokowi/Facebook
BERITASIMALUNGUN.COM-Realisasi janji pemerintahan Jokowi untuk membangun Danau Toba, Sumatera Utara, terus dilakukan. Terbaru, sebuah dermaga ampibi akan dibangun di Pelabuhan Feri wilayah Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.
Pembangunan dermaga yang bisa dilewati ratusan kendaraan roda empat dari kapal feri ini dilakukan demi mendukung kelancaran penyeberangan ke Samosir.
"Informasi itu kami terima dari Kementerian Kemaritiman dan Sumber Daya saat berkunjung ke sini," kata Sekretaris Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Samosir, Jagogo Sagala, seperti dikutip Antara, Kamis (16/6).
Sagala mengatakan, pembangunan fasilitas penyeberangan itu untuk transportasi penumpang dan barang yang keluar masuk Samosir. Transportasi ini juga akan berdampak baik pada pariwisata setempat.
Kapal Feri yang selama ini dipakai untuk menyeberang ke Samosir/superadventure.co.id

Selain itu, kata Sagala, pemerintah Jokowi juga akan memberikan bantuan satu unit kapal feri besar, yang bisa memuat 100 lebih kendaraan roda empat.
Menurutnya, pemberian kapal feri itu mempertimbangkan kebutuhan penyeberangan di Danau Toba sudah semakin meningkat.
"Rencana Pemerintah disambut positif masyarakat, karena dengan lancarnya transportasi dapat meningkatkan perekonomian mereka," kata Jagogo.
Selama ini, khususnya setiap akhir pekan dan hari libur, pengunjung harus antre panjang dengan waktu yang lama di pelabuhan penyeberangan untuk masuk dan keluar Samosir. Hal ini karena terbatasnya transportasi pendukung.
Pelabuhan feri di Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan Tigaras Kabupaten Simalungun menjadi tumpuan penyeberangan kendaraan roda empat jalur danau.
Sedangkan untuk jalur darat yang tersedia melalui Kecamatan Tele, Kabupaten Samosir melalui Kabupaten Karo dan Dairi atau Humbang Hasundutan.


Danau Toba Jadi Pusat Perayaan HUT RI ke-71, Jokowi Hadir!


Presiden Jokowi di Bandara Silangit/Setpres
Presiden Jokowi di Bandara Silangit/Setpres
Upaya Presiden Jokowi untuk membangun pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, tidak main-main. Perhatian Jokowi terus diarahkan pada danau kebanggaan orang Batak tersebut.

Buktinya, kepala negara sudah menetapkan Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016 mendatang.

"Presiden Jokowi sudah menginstruksikan diadakan di Danau Toba," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya usai peresmian rute penerbangan baru di Bandara Kualanamu, seperti dikutip Antara Selasa (14/6).

Acara kenegaraan juga akan digelar di danau vulkanis terbesar di dunia itu. Selain itu, juga akan digelar kegiatan Karnaval Katulistiwa.

Dulu, kata Arief, syukuran peringatan hari kemerdekaan tersebut sering dinamakan Pesta Rakyat. Namun oleh Presiden Jokowi, namanya diubah menjadi Karnaval Katulistiwa yang pertama kali dilakukan di Pontianak, Kalimantan Barat, tahun lalu.

Meski telah diintsruksikan Presiden, kata Arief, pihaknya belum menentukan nama kegiatan yang dipusatkan di Danau Toba tersebut.

"Namanya belum kita pikirkan, apakah Karnaval Katulistiwa Toba atau apa," katanya di hadapan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi. (Ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments