}); Lawan Islandia, Portugal Hanya Petik Hasil Seri | BeritaSimalungun
Home » » Lawan Islandia, Portugal Hanya Petik Hasil Seri

Lawan Islandia, Portugal Hanya Petik Hasil Seri

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 15 June 2016 | 09:55


Portugal vs Islandia di Penyisihan Grup F EURO 2016

Saint-Etienne - Portugal hanya mampu memetik hasil imbang 1-1 (1-0) saat bertemu Islandia pada pertandingan penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy Guichard, Selasa (14/6/2016) atau Rabu (15/6/2016) pagi dini hari WIB. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan unggul lebih dulu berkat aksi Nani pada menit ke-31. Namun saat babak kedua baru berlangsung lima menit gawang Portugal dibobol Birkir Bjarnason.

Hasil ini membuat Portugal gagal menyamai Hungaria yang kini memimpin klasemen Grup F setelah menundukkan Austria 2-0. Portugal dan Islandia kini sama-sama berada di posisi kedua dengan koleksi satu poin.  

Portugal praktis mendominasi pertandingan melawan tim dari negara berpenduduk tak lebih dari 350.000 jiwa ini. Sepanjang pertandingan mereka terus menggempur tim asuhan Lars Lagerback itu.

Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Islandia membuat gebrakan dengan mengancam gawang Portugal. Menyusul serangan balik, Gylffi Sigurdsson berhasil melewati Danilo lalu melancarkan tendangan. Beruntung bagi Portugal, kiper Rui Patricio sudah sangat siap meredam tendangan pemain Swansea City tersebut.

Portugal mendapat peluang emas pada menit ke-20. Berawal dari aksinya di sisi kanan pertahanan Islandia, Ronaldo kemudian mengirimkan umpan ke mulut gawang. Nani menyambut umpan itu dengan sundulan yang sempurna. Namun kiper Hannes Thor Halldorsson berada dalam posisi yang tepat dan mencegah bola masuk ke gawang dengan kakinya.

Dua menit kemudian, Portugal kembali mengancam. Kali ini Ronaldo menyambut umpan Nani dengan sundulan. Namun tandukan pemain yang sudah tampil di empat putaran final Piala Eropa ini melebar dari gawang.

Menit ke-25, Ronaldo kembali mendapat peluang. Namun Halldorsson berhasil memotong umpan dari Pepe sebelum sampai ke pemain Real Madrid itu.

Upaya Portugal menggempur pertahanan Islandia akhirnya membuatkan hasil pada menit ke-31. Gol yang membawa pasukan Fernando Santos unggul dilesakkan Nani.

Nani menjebol gawang Islandia yang dijaga Hannes Thor Halldorsson memanfaatkan umpan dari Andre Gomes. Pemain tengah Valencia itu menyodorkan umpan akurat ke depan gawang sehingga Nani dengan mudah melesakkan bola ke gawang lawan.

Portugal berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-41. Gomes melancarkan tendangan dari jarak 25 meter namun diblok dua pemain belakang Islandia. Dia kemudian mengambil bola pantulan dan mengoperkannya kepada Moutinho. Pemain Monaco ini lantas melepaskan tendangan melengkung namun berhasil diamankan Halldorsson. Skor 1-0 bertahan hingga laga babak pertama usai.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua Portugal tetap menyerang untuk menambah keunggulan. Peluang sempat didapat Ronaldo namun diblok pemain Islandia.

Islandia justru berhasil mencuri gol dan menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-50. Gol yang membuat posisi menjadi imbang dilesakkan Birkir Bjarnason.

Bjarnason mampu melesakkan bola ke gawang Portugal yang dijaga Rui Patricio setelah memanfaatkan umpan Gudmundsson. Pemain bernomor punggung delapan itu sudah berada di depan gawang Portugal ketika menerima umpan jarak jauh dari sisi kanan yang dikirim Gudmundsson.

Bek Vieirinha sempat berusaha membuang bola kiriman Gudmundsson dengan sundulan namun tak bisa menjangkaunya. Bjarnason pun dengan mudah melesakkan bola ke gawang lawan.

Portugal kian termotivasi untuk mencetak gol tambahan demi memetik poin maksimal. Berbagai variasi serangan pun mereka lakukan untuk bisa membobol gawang Islandia. Dua peluang yang didapat Gomes dan Nani pada menit ke-60 dan 63, gagal membuahkan gol.

Namun pada menit ke-65, Islandia sempat membuat panik pertahanan Portugal melalui aksi Bjarnson. Namun Patricio kemudian mampu mengamankan gawangnya.

Untuk menambah daya gedor timnya, pelatih Portugal memasukkan Ricardo Quaresma pada menit ke-75 menggantikan Joao Mario. Quaresma yang biasanya turun sebagai starter baru diturunkan 15 menit menjelang laga usai karena belum pulih benar dari cedera.

Lima menit sebelum pertandingan usai Rolando seharus bisa menjebol gawang Islandia. Dia menerima umpan akurat dari sisi kanan yang dikirim Nani. Ronaldo menyambutnya dengan sundulan namun kiper Halldorsson kembali bisa meredamnya.
Tak ada gol tambahan hingga laga usai. Kedua tim sama-sama meraih satu poin.

Susunan pemain:
Portugal (4-3-1-2): 1. Rui Patricio; 11. Vieirinha, 3. Pepe, 6. Ricardo Carvalho, 5. Raphael Guerreiro; 13. Danilo Pereira, 10. Joao Mario (20. Ricardo Quaresma 75), 15. Andre Gomes (9. Eder 83); 8. Joao Moutinho (16. Renato Sanches 70); 17. Nani, 7. Cristiano Ronaldo.
Pelatih: Fernando Santos

Islandia (4-4-2): 1. Hannes Thor Halldorsson; 2. Birkir Mar Saevarsson, 6. Ragnar Sigurdsson, 14. Kari Arnason, 23. Ari Freyr Skulason; 7. Johann Berg Gudmundsson (18. Theodor Bjarnason 89), 17. Aron Gunnarsson, 10. Gylfi Sigurdsson, 8. Birkir Bjarnason; 15. Jon Dadi Bodvarsson, 9. Kolbeinn Sigthorsson (11. Alfred Finnbogason 80).
Pelatih: Lars Lagerback


Jaja Suteja/JAS






Portugal vs Islandia di Penyisihan Grup F EURO 2016


Share this article :

Post a Comment