Bek Jerman Skhodran Mustafi menggendong rekannya Jerome Boateng setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016, di Lille, Minggu, 12 Juni 2016.
Bek Jerman Skhodran Mustafi menggendong rekannya Jerome Boateng setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016, di Lille, Minggu, 12 Juni 2016. (AFP)

BERITASIMALUNGUN.COM-Lille - Jerman sukses memetik kemenangan 2-0 (1-0) atas Ukraina pada laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Pierre Mauroy, Lille, Minggu (12/6) atau Senin dini hari WIB. Pasukan Joachim Loew meraih tiga poin berkat gol bek Skhodran Mustafi serta Bastian Schweinsteiger.

Berkat kemengan ini, Jerman pun untuk sementara bertengger di puncak klasemen Grup C. Poin yang telah mereka raih sama dengan penghuni urutan kedua Polandia namun unggul selisih poin. Dalam laga sebelumnya, Polandia menundukkan Irlandia Utara, 1-0. Ini merupakan kemenangan ketujuh Jerman dalam aksi mereka di pertandingan perdana turnamen Piala Eropa. 

Jerman menurunkan starter yang seluruhnya anggota skuat juara Piala Dunia 2014, hanya bek kiri Jonas Hector yang bukan.

Ukraina melakukan tekanan ke gawang lewat serangan balik pada menit keempat. Pemain nomor punggung 10 Ukraina Yevhen Konoplyanka, melancarkan tendangan ke arah gawang Jerman namun berhasil ditepis kiper Manuel Neuer.

Upaya Jerman menyerang membuahkan hasil pada menit ke-19 berkat aksi Mustafi. Gol berawal dari tendangan bebas yang dikirim Toni Kroos ke mulut gawang Ukraina.

Mustafi sempat berduel di udara dengan pemain Ukraina Anele Ngcongca. Dia berhasil menanduk bola dan menaklukkan kiper Andriy Pyatov. Wasit memberi tendangan bebas untuk Jerman menyusul pelanggaran bek Yaroslav Rakitskiy terhadap Thomas Muller.

Namun mental Ukraina tidak lantas drop setelah kebobolan. Tercatat mereka dua kali nyaris menjebol gawang Jerman. Pada menit ke-27, Knoplyanka mengirim umpan silang yang disambut sundulan Yevhen Khacheridi. Bola kencang mengarah ke gawang Jerman namun Neuer kembali menyelamatkan gawangnya dengan menepis bola.

Gawang Jerman kembali terancam 10 menit kemudian. Berawal dari umpan Yarmolenko, Konoplyanka kemudian menyentuh bola dan mengarahkannya ke gawang Jerman. Gawang Neuer pasti kebobolan andai Boateng tak datang pada saat yang tepat untuk membuang bola. Wasit tak menganggapnya sebagai gol karena bola belum melewati garis gawang.

Pada menit ke-39, Ukraina akhirnya berhasil menggetarkan jala gawang Jerman. Namun wasit menganulir gol ini karena Artem Fedetskiy telah berada dalam posisi offside.

Jerman memang dibuat kesulitan oleh Ukraina memasuki menit-menit terakhir babak pertama. Barisan pertahanan juara Piala Dunia 2014 ini harus bekerja keras untuk mencegah gawang merekakebobolan. Jerman juga beruntung memiliki kiper sekelas Neuer yang tampil brilian malam ini.

Babak Kedua

Jerman membuka babak kedua dengan peluang yang didapatkan Julian Draxler. Pemain Wolfsburg ini melancarkan tendangan melengkung yang memaksa kiper Pyatov harus berjibaku untuk menepisnya.

Toni Kroos juga mengancam gawang Ukraina pada menit ke-51. Pemain Real Madrid ini berdiri bebas dan melancarkan tendangan ke arah gawang Ukraina. Bola hanya meluncur sedikit di atas pojok kanan atas.

Neuer kembali menunjukkan dirinya memang kiper kelas dunia ketika menggagalkan peluang Ukraina pada menit ke-56. Ukraina mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Rakitskiy. Bola bergerak ke pojok kanan bawah gawang namun Neuer berhasil menjangkaunya sambil menjatuhkan diri dan menepis bola keluar lapangan.

Jerman kembali mendapat peluang pada menit ke-60. Sami Khedira melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti tepat ke arah gawang. Namun kali ini kiper Pyatov bertindak tepat dan menepis bola hasil tendangan gelandang Juventus tersebut.

Kiper Ukraina kembali dipaksa bekerja keras pada menit ke-75. Jerman mengancam lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilancarkan Mueller. Pyatop pun harus menjatuhkan diri ke sisi kiri untuk bisa menepis tendangan pemain Bayern Muenchen itu.

Pada menit ke-87, Jerman kembali nyaris mencetak gol. Lewat umpan terobosan Oezil berhasil memasuki kotak penalti lawan namun upayanya digagalkan kiper Pyatov. Hanya beberapa saat setelahnya giliran gawang Jerman yang terancam. 

Mustafi nyaris membuat blunder ketika menyundul bola untuk membebaskan daerahnya. Beruntung bola tak jadi melesak ke gawang sendiri.

Sebuah penampilan luar biasa ditunjukkan Bastian Schweinsteiger. Dia baru dimasukkan menggantikan Goetze pada menit ke-89. Namun tiga menit kemudian dia berhasil mencetak gol.

Gol berawal dari serangan balik cepat yang dibangun Jerman. Oezil kemudian mengirimkan bola dari sisi kiri yang langsung disambut tendangan voli Schweinsteiger. Uniknya, ini merupakan pertama kalinya gelandang Manchester United itu menyentuh bola dalam laga ini. Skor pun berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai laga usai.

Susunan pemain:

Jerman (4-2-3-1): 1. Manuel Neuer; 4. Benedikt Hoewedes, 17. Jerome Boateng, 2. Shkodran Mustafi, 3. Jonas Hector; 6. Sami Khedira, 18. Toni Kroos; 13. Thomas Mueller, 8. Mesut Oezil, 11. Julian Draxler (9. Andre Schurrle 77); 19. Mario Gotze (7. Bastian Schweinsteiger 89).

Pelatih: Joachim Loew

Ukraina (4-2-3-1): 12. Andriy Pyatov; 17. Artem Fedetskiy, 3. Yevhen Khacheridi, 20. Yaroslav Rakitskiy, 13. Vyacheslav Shevchuk; 16. Anele Ngcongca, 6. Taras Stepanenko; 7. Andriy Yarmolenko, 9. Viktor Kovalenko (21. Alexander Zinchenko 73), 10. Yevhen Konoplyanka; 8. Roman Zozulya (11. Yevhen Seleznyov 65).

Pelatih: Mykhailo Fomenko
Stadion: Pierre Mauroy, Lille
Wasit: Martin Atkinson
Jaja Suteja/JAS
UEFA