Info Terkini

10/recent/ticker-posts

6 Duel Portugal Vs Prancis yang Paling Dikenang

BeritaSimalungun.com-Piala Eropa 2016 telah mencapai puncaknya. Dua tim terbaik yakni Portugal dan Prancis akan saling mengalahkan di Stade de France, Minggu (10/7/2016) atau Senin dini hari WIB, demi meraih trofi bergengsi antarnegara Eropa tersebut.

Pertemuan nanti menjadi edisi ke-25 bagi kedua tim di berbagai ajang. Sejauh ini, Prancis berhasil mendominasi dengan meraih 18 kemenangan, sedangkan Portugal dengan lima kemenangan, serta satu laga berakhir imbang.

Sepanjang turnamen ini, kedua tim sama-sama belum menelan kekalahan. Hal ini yang membuat laga nanti sulit diprediksi dan menarik untuk dinantikan.

Ambisi yang diusung kedua tim pun cukup jelas. Prancis yang bertindak sebagai tim tuan rumah ingin meraih trofi ketiga mereka sepanjang Piala Eropa setelah sebelumnya berhasil menjadi juara pada edisi 1984 dan 2000. Andai berhasil mengunci gelar, Les Bleus akan sejajar dengan Jerman dan Spanyol yang mengoleksi tiga trofi.


Di kubu lain, semangat Portugal tak kalah berapi-api. Setelah gagal meraih trofi pada Piala Eropa 2004 karena takluk 0-1 dari Yunani di final, kini saatnya A Selecao mencetak sejarah baru dalam sepak bola mereka. 
Sebelum menyaksikan laga final, ada baiknya kita sedikit bernostalgia dengan laga-laga Portugal melawan Prancis yang pernah terjadi.

Berikut ini 6 pertandingan antara Portugal melawan Prancis yang paling dikenang dalam sejarah:
1. Prancis 5-3 Portugal (Pertandingan Persahabatan)

Bermain di Stade De Colombes, Paris, pada 11 November 1959, duel Prancis berhasil unggul cepat melalui gol Just Fontaine pada menit ketiga. Delapan menit berselang, giliran Pierre Grillet menggandakan keunggulan Les Blues. Memasuki menit ke-22, Lucien Muller membawa Prancis unggul 3-0.

Dalam keadaan tertinggal, Portugal balik menyerang sehingga bisa memperkecil ketertinggalan melalui Lucas da Fonseca (36'). Jelang turun minum yakni pada menit ke-41, A Selecao kembali mencetak gol melalui Domiciano Cavem dan membuat skor menjadi 2-3.

Pertandingan semakin menarik memasuki babak kedua ketika Fontaine kembali membobol gawang Portugal pada menit ke-54 dan menit ke-58. Meski begitu, Portugal hanya bisa menambah satu gol melalui Da Fonseca dan mengakhiri laga dengan kekalahan 3-5 dari Prancis.

2. Prancis 0-2 Portugal (Pertandingan Persahabatan)
Kedua tim kembali bertemu di Stade De Colombes, Paris, pada 26 April 1975. Namun, kali ini Dewi Fortuna tak berpihak pada tim tuan rumah.

Gawang Prancis kawalan Rene Charrier ketika itu sudah kebobolan pada menit ke-21 melalui aksi Nene. Kekalahan pun semakin tak terhindarkan setelah Portugal kembali mencetak gol melalui Mario Mateus pada menit ke-64.

Kemenangan tersebut menjadi yang terakhir kali diraih Portugal sepanjang pertemuan melawan Prancis. Hingga saat ini, A Selecao belum lagi mampu mengalahkan Prancis baik di turnamen resmi ataupun laga persahabatan.

3. Portugal 2-3 Prancis (Piala Eropa 1984)

Pertandingan ini menjadi pertemuan pertama bagi kedua tim di turnamen resmi. Ketika itu, Prancis mendapat tantangan dari Portugal pada semifinal Piala Eropa 1984 yang berlangsung di Stade Velodrome, Marseille, 23 Juni 1984.

Bertindak sebagai tuan rumah, Prancis lebih dulu membuka keunggulan melalui Jean-Francois Domergue pada menit ke-25. Namun, Portugal sukses mencetak gol penyama melalui Jordao pada menit ke-74 sekaligus memaksa laga berlanjut ke babak tambahan.

Prancis lalu dikejutkan dengan gol kedua Jordao pada menit ke-98. Beruntung hal itu langsung dibalas oleh Jean-Francois Domergue pada menit ke-115. Les Blues akhirnya keluar sebagai pemenang setelah Michel Platini mencetak gol pada menit ke-119 dan mengakhiri laga dengan skor 3-2.

Prancis kemudian melaju ke final dan meraih kemenangan 2-0. Kemenangan tersebut membuat pasukan Michel Hidalgo meraih trofi perdana mereka di Piala Eropa.

4. Prancis 3-2 Portugal (Pertandingan Persahabatan)

Menjamu Portugal di Parc Des Princes, 24 Januari 1996, gawang Prancis terlebih dahulu kebobolan melalui aksi Fernando Couto pada menit ke-23. Beruntung, semenit berselang Youri Djorkaeff berhasil mencetak gol penyama.

Tujuh menit kemudian, Portugal berbalik unggul melalui gol Rui Costa. Keunggulan itu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pasukan Aime Jacquet tampil mengesankan. Prancis kemudian mencetak gol penyama lagi melalui Djorkaeff pada menit ke-75. Kemenangan 3-2 akhirnya diraih Les Bleus setelah Reynald Pedros mencetak gol pada menit ke-77.

5. Prancis 2-1 Portugal (Piala Eropa 2000)

Prancis kembali berjumpa Portugal di semifinal Piala Eropa 2000 yang berlangsung di King Baudouin Stadium, Brussels (28/6/2000). Ketika itu, A Selecao lebih dulu membuka keunggulan melalui Nuno Gomes pada menit ke-19.

Baru pada menit ke-51, Thierry Henry mencetak gol penyama. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Petaka menimpa Portugal pada menit ke-117. Wasit Gunter Benko menunjuk titik putih setelah Abel Xavier tak sengaja menyentuh bola dengan tangan ketika menghadang tendangan dari Sylvain Wiltord.

Zinedine Zidane yang menjadi eksekutor penalti berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna. Prancis pun keluar sebagai pemenang dan menantang Italia di final.

Prancis sukses meraih kemenangan 2-1 sekaligus memastikan gelar Piala Eropa 2000 dalam genggaman. Gelar tersebut menjadi yang kedua setelah sebelumnya menjadi kampiun pada 1984.

6. Portugal 0-1 Prancis (Piala Dunia 2006)

Enam tahun setelah meraih trofi Piala Eropa 2000, Prancis kembali berjumpa Portugal. Kali ini, takdir mempertemukan mereka di semifinal Piala Dunia 2006.

Bermain di Allianz Arena, Prancis berhasil mendapatkan hadiah tendangan penalti pada menit ke-33. Wasit Jorge Larrionda menunjuk titik putih setelah Ricardo Carvalho melanggar Thierry Henry di kotak terlarang.

Zinedine Zidane yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Prancis tetap bertahan.

Pada laga final, Prancis menantang Italia. Les Bleus gagal meraih trofi bergengsi tersebut setelah takluk 3-5 dari Gli Azzurri melalui drama adu penalti.
Sumber: UEFA

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments