Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ephorus GKPS dan Sekda Simalungun Sarankan Tutup KJA di Haranggaol

Ephorus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Martin Rumanja Purba Msi saat Kotbah di Ibadah Raya Pesta Jubileum 110 Tahun GKPS Haranggaol, Minggu 26 Juni 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Ephorus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Martin Rumanja Purba Msi dan Sekda Pemerintah Kabupaten Simalungun Drs Gidion Purba "Duet" di Pesta Jubileum 110 Tahun GKPS Haranggaol, Minggu 26 Juni 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

BeritaSimalungun.com, Haranggaol-Ephorus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Martin Rumanja Purba Msi dan Sekda Pemerintah Kabupaten Simalungun Drs Gidion Purba kompak menghimbau warga Haranggaol yang menggeluti Keramba Jaring Apung (KJA) untuk segera beralih ke pertanian tanaman bawang atau tanaman lainnya. Mereka berdua juga menyebutkan karakter masyarakat Haranggaol berubah menjadi induvidualis sejak berjayanya KJA di Haranggaol.(Video Sambutan Ephorus GKPS Soal KJA)

Hal itu disampaikan  Pdt Martin Rumanja Purba Msi dan Drs Gidion Purba saat menghadiri Ibadah Raya Pesta Jubileum 110 Tahun GKPS Haranggaol di Haranggaol, Minggu 26 Juni 2016. Ephorus juga menyebutkan kalau kehadiran Injil di Haranggaol tidak terlepas dari Tiga Langgiung yang menjadi pertemuan masyarakat.

“Kehadiran KJA di Haranggaol yang kali pertama dibawa oleh Pdt Donald Girsang menjadikan timbulnya persaingan dan berusaha melipatgandakan keuntungan. KJA juga merubah karakter masyarakat menjadi indivudualis dan dalam persaingan. Padahal sebelum ada KJA masyarakat berbaur bersama pada Tiga Langgiung sebagai transaksi hasil pertanian. Kita berharap masyarakat Haranggaol dapat meninggalkan KJA seiring dengan program Pemerintah Pusat menjadikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Bertaraf Internasional,” ujar Pdt Martin Rumanja Purba Msi.

Sementara Sekda Pemerintah Kabupaten Simalungun Drs Gidion Purba juga menghimbau masyarakat Haranggaol yang menggeluti KJA untuk segera beralih ke pertanian seperti pada era Tiga Langgiung dulu. Dirinya juga meminta agar masyarakat Haranggaol ikut membantu program Pemerintah. (Asenk Lee Saragih).

  

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments