}); Harungguan Bolon PMS Dua Versi, Pengurus DPC PMS Bingung | BeritaSimalungun
Home » , , » Harungguan Bolon PMS Dua Versi, Pengurus DPC PMS Bingung

Harungguan Bolon PMS Dua Versi, Pengurus DPC PMS Bingung

Written By Beritasimalungun on Monday, 11 July 2016 | 21:54

Asan Damanik Sekretaris DPC PMS Yogyakarta
BeritaSimalungun.com-Partuha Maujana Simalungun (PMS) akan berkongres yang disebut Harungguon Bolon (HB) ke-8. Ternyata ada 2 versi PMS. PMS yang satu melaksanakan HB-8 tanggal 12-13 Juli 2016 di Regale International Convention Center, Jl. Adam Malik Medan, sementara PMS yang satu lagi melaksanakan HB-8 tanggal 21-23 Juli 2016 di Simalungun City Hotel Hapoltakan Pematangraya.

Melihat adanya 2 PMS dengan 2 juga HB-8 di tempat dan tanggal yang berbeda serta pengundangnya juga berbeda, saya sebagai orang Simalungun (kebetulan Sekretaris DPC PMS Yogyakarta) merasa prihatin. Apa sebenarnya yang kita cari dan perjuangkan lewat PMS sehingga PMS harus menjadi 2 versi? 

Tidak bisakah kita duduk bersama lagi untuk membicarakan dengan kepala dingin agar PMS satu versi saja? Kalau kedua versi ngotot melaksanakan HB-8 dan artinya ada 2 PMS, bukankah itu menunjukkan kepada Generasi Muda Simalungun bahwa Generasi Kita ini generasi yg tdk bisa berembug dan tidak mau mengalah demi tujuan yang lebih besar? Bukankah juga keberadaan 2 PMS menunjukkan kepada suku lain bahwa Simalungun itu tidak solid berorganisasi?

Kita yang sering mengkutak-katik PMS ini dengan versi dan konsep kita masing-masing padahal yang diperjuangkan PMS bukan satu orang, bukan satu kampung, bukan satu keluarga, bukan satu kecamatan, tetapi satu suku bangsa yakni Suku Simalungun secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum.

Mari kita pikirkan hal itu jika kita memang berniat dan bertujuan membangun bangsa khsususnya Simalungun lewat PMS yang sekarang pecah jadi 2 versi itu.(Asan Damanik)
Share this article :

Post a Comment