Home » , » Jenazah Apri Purba Ditemukan di Kedalaman 35 Meter Dasar Danau Toba Setelah 21 Jam Tenggelam

Jenazah Apri Purba Ditemukan di Kedalaman 35 Meter Dasar Danau Toba Setelah 21 Jam Tenggelam

Written By Berita Simalungun on Thursday, 7 July 2016 | 18:54


Petugas TIM SAR dibantu petugas PT JAFTA mengevakuasi jenazah Apri Purba dari dasar Danau Toba ke darat, Kamis (7/7/2016).
Jenazah Apri Purba
BeritaSimalungun.com, Tigaras-Jenazah Apri Purba (20), korban yang tenggelam di Pantai Grace Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, berhasil ditemukan Tim SAR dibantu tim penyelamat dari PT Jaffa dan PT Aqua Parm, Kamis (7/7/2016) sekitar pukul 11.00 WIB.

Di bawah komando Koordinator Pos Basarnas Danau Toba, Torang Hutahean , 6 orang penyelammengenakan peralatan renang dan oksigen turun dan berhasil menemukan tubuh korban di dasar Danau Toba dengan kedalaman 35 meter. Tubuh korban ditemukan masih mengenakan baju lengkap.

Saat tubuh korban dibawa ke darat menggunakan speedboat. Isak tangis keluarga dan rombongan pecah. Keluarga korban tidak menyangka peristiwa naas itu  menimpa Apri Purba.

Awalnya, Tim SAR bergerak menyisir  hingga berjarak sekitar 150 meter dari bibir pantai sejak pukul 09.00 WIB. Dan setelah  mengecek beberapa titik yang tidak jauh dari lokasi jatuhnya korba, akhirnya petugas berhasil menemukannya sekitar 75 meter dari pantai.

Sebelumnya, Apri Purba yang diketahui selama ini tinggal di Jalan Saribudolok Kecamatan Silimakuta, bersama rekannya Reynaldi Sipayung, berenang menggunakan pelampung di Pantai Grace Tigaras. Tiba-tiba keduanya lepas dari pelampung. 

Diduga tidak pintar berenang, tubuh Apri tenggelam ke dasar danau, sedangkan Reynaldi berhasil diselamatkan warga, Rabu (6/7) sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut rekan satu rombongan korban, Apri merupakan awarga Huta Godang Desa Batu Horik, Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapsel itu, datang ke lokasi wisata bersama rombongan dari Saribudolok dipimpin Koordinator Mikael Barutu (36), warga Saribudolok.

Rombongan tiba di Pantai Grace sekitar pukul 13.00 WIB, dan sebelum mandi-mandi semua rombongan makan siang bersama. Setelah selesai makan siang, masing-masing rombongan berenang, demikian juga dengan korban.

“Kami ada berjumlah 16 orang rombongan dari Saribudolok, tadi sebelum kejadian kami masih makan siang bersama,” kata salah seorang rekan korban di lokasi kejadian saat proses pencarian jenazah.

“Sebenarnya waktu lepas dari pelampung, ada orang berusaha menolong. Tapi hanya si Reynaldi yang bisa diselematkan. Kalau tubuh Apri sudah langsung tenggelam,” tambah beberapa warga.

Kapolsek Dolok Pardamean AKP MT Aritonang  saat dikonfirmasi, membenarkan jenazah korban sudah ditemukan dan begitu berhasil dievakuasi langsung dibawa ke RS Tuan Rondahain Raya.

“Tadi keluarga korban sudah ada dan begitu korban ditemukan dalam tidak bernyawa langsung dibawa ke rumah sakit. Disana sekaligus diserahkan kepada keluarga dan ini memang karena kecelakaan,”katanya. (Prayoga Girsang)
Share this article :

Post a Comment