Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pecah Konflik di Tanjungbalai dan Karo, Kapolri Hari Ini Turun ke Medan

Pecah Konflik di Tanjungbalai dan Karo, Kapolri Hari Ini Turun ke Medan
Kepala Polisi Republik Indonesia Jendral Tito Karnavian
BeritaSimalungun.com, Medan-Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, Kepala Polisi Republik Indonesia Jendral Tito Karnavian akan berkunjung ke Sumatera Utara hari ini untuk menyikapi konflik di Karo dan Tanjungbalai.

"Kapolri tiba di Polda pukul 15.00 WIB," katanya, Sabtu (30/7/2016). Kapolri, katanya, akan memberikan keterangan terkait pembakaran vihara di Tanjungbalai dan kerusuhan di Karo.

Kerusuhan di Tanjungbalai, menyebabkan satu vihara dan empat kelenteng hangus terbakar, Jumat (29/7/2016) malam. Persoalan bermula dari adanya keluhan seorang warga etnis tionghoa bernama Meliana (41) warga Jal anKarya Kelurahan Tanjung Balai Kota I, Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kota, Tanjung Balai, Sumatera Utara terhadap suara azan yang dikumandangkan di Masjid Al Maksum dekat rumahnya. 

Sebelum kericuhan meledak, Meliana mendatangi nazir masjid menyampaikan keluhan. Ia merasa terganggu dengan suara azan yang dikumandangkan pihak masjid.

Sedangkan kerusuhan di Karo terjadi karena ratusan warga Desa Lingga menyerbu Polres Tanah karo usai penangkapan lima warga Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo Jumat (29/7/2016) sekitar pukul 20.20 WIB. Akibatnya, dua warga Desa Lingga tewas diduga terkena peluru petugas kepolisian.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, peristiwa berdarah tersebut terjadi setelah Polres Karo menangkap lima warga yakni Eddi Sitepu, James Sinulingga, Nahason Sinuraya, Modal Sinulingga dan Suagiarto Meliala. Kelimanya ditangkap karena ikut membakar eskavator milik pengembang.(*)


Sumber: Tribunnews.com 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments