Home » » Pengamat: Tito Karnavian Terbilang Bersih

Pengamat: Tito Karnavian Terbilang Bersih

Written By Berita Simalungun on Wednesday, 13 July 2016 | 11:25

Tito Karnavian
BeritaSimalungun.com, Jakarta-Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar menilai tepat penunjukkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Menurut dia, Tito merupakan sosok bersih jika dilihat dari rekam jejaknya. “Selama bertugas tidak ada catatan drastis, misalnya seperti rekening gendut dan korupsi. Selain itu, ketika memimpin Polda Metro juga cukup konsisten dan sudah teruji,” kata Bambang.

Sebagai calon kapolri, Tito terbilang cukup muda dibandingkan para jenderal bintang tiga lain. Kendati demikian, Bambang optimistis, usia muda tak akan menghalangi Tito untuk bersikap tegas. sekali pun terhadap para seniornya.
“Kita berharap Tito tidak kompromistis,” tegas dia.
Salah satu pekerjaan rumah yang menanti Tito yakni pembenahan di sektor reserse dan polisi lalu lintas. Menurut dia, tidak sedikit kasus penyalahgunaan wewenang yang terjadi di kedua unit itu.
“Tentu dengan pengawasan yang ketat, dan juga pengawasan dari eksternal, juga informasi dari media, pengamat, bisa menjadi dasar untuk memperbaiki institusi,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon kepala Polri. Nama Tito diajukan sebagai calon tunggal Kapolri kepada DPR.

Ketua DPR Ade Komarudinlah yang mengungkap hal tersebut. Dia mengaku menerima surat dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu (15/6/2016) pagi.

Setelah dibuka, kata Ade, isi surat itu terkait pergantian Kapolri. Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti akan pensiun pada 24 Juli 2016.

"Beliau menyampaikan surat tertutup, amplop tertutup. Saya buka isinya adalah Presiden RI mengajukan pengganti Bapak Badrodin Haiti yang segera akan pensiun," kata Ade di Jakarta, Rabu.

"Dalam surat itu, Bapak Presiden mengajukan Bapak Tito Karnavian yang sekarang menjabat Kepala BNPT dan mantan Kepala Polda Metro," tambah Ade. (Kompas.com)
Kompas TV
Jebakan Batman UU Kepolisian- Satu Meja

Share this article :

Post a Comment