Home » , , » 23 Calon Pangulu di Simalungun Sepakat Bertarung Damai

23 Calon Pangulu di Simalungun Sepakat Bertarung Damai

Written By Beritasimalungun on Monday, 1 August 2016 | 14:46

BeritaSimalungun.com, Saribudolok-Sebanyak 23 calon pangulu terdiri dari 9 nagori di Kecamatan Silimakuta dan Pamatang Silimahuta sepakati pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) pada 6 Agustus mendatang dengan damai.

Kesepakatan itu terlihat dari penandatanganan komitmen bersama seluruh calon pangulu untuk Pilpanag damai yang diselenggarakan oleh Kapolsek Saribudolok AKP B Manurung SH bersama dengan Danramil Saribudolok Kapt CZI Alex Syahrial diwakili oleh Babinsa E Saragih disaksikan oleh Camat Silimakuta Frangky F Purba dan Camat Pamatang Silimahuta Pendi Girsang di Mapolsek Saribudolok, Kamis (28/7).

Adapun kesepakatan yang tercapai diantaranya, setiap calon tidak dibenarkan untuk menempel alat peraga kampanye berupa foto calon (secara pribadi) di sembarang tempat. Setiap calon tidak dibenarkan berpolitik menyuap/memberikan berupa sejumlah uang kepada pemilih. 

Diharapkan agar seluruh calon pangulu per nagori melakukan kampanyen damai bersama. Tidak dibenarkan berkampanye dengan cara menjelek-jelekkan calon lain. Jadwal kampanye hanya dibenarkan hingga 2 Agustus 2016.

Kapolsek Saribudolok AKP B Manurung dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu dilakukan agar pelaksanaan Pilpanag serentak pada 6 Agustus yang akan datang dapat berjalan dengan lancar, aman dan tentram.

“Perlu kita ketahui, adapun kegiatan ini kita laksanakan bersama, kita harus bersama-sama untuk membuat komitmen agar pelaksanaan pemilihan pangulu berjalan dengan lancar, aman dan tentram. Tidak boleh ada keributan,” kata AKP B Manurung.

Kapolsek mengarahkan kepada peserta calon pangulu juga panitia pelaksana pemilihan di setiap nagori, agar mengikuti  dan melaksanakan seluruh persyaratan dan peraturan yang berlaku. Sehingga kerawanan terjadinya keributan dapat diantisipasi dan diminimalisir.

“Harapan kita, berbuatlah sesuatu sehingga masyarakat simpati untuk memilih anda menjadi pemenang pemilihan pangulu. Jangan ada yang mencoba untuk memberikan berupa uang kepada pemilih, supaya dipilih. Juga jangan sampai kami dengar ada kampanye hitam/menjelek-jelekkan calon lain. Akan kita tindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegas Kapolsek.

Sementara itu, calon pangulu beserta dengan panitia pelaksana yang ikut hadir pada kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kapolsek Saribudolok dengan mengumpulkan seluruh calon pangulu dan membuat komitmen bersama guna untuk mendukung proses pemilihan pangulu berjalan dengan lancar.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kapolsek Saribudolok yang telah memprakarsai terlaksananya acara kesepakatan damai yang telah lama kami tunggu-tunggu ini. Dan kepada seluruh calon pangulu, mari kita perbaiki demokrasi ini dari bawah. Begitu juga kepada panitia, kami meminta agar netral dan tidak memihak kepada calon,” ucap salah satu calon pangulu Jakoras Purba dari Nagori Purbatua Etek, Kecamatan Silimakuta.

Hal senada juga diutarakan salah seorang calon pangulu Janner Girsang dari Nagori Sinar Naga Mariah, Kecamatan Pamatang Silimahuta. Ia mengatakan, pada pertandingan kelak, menang atau kalah, setiap calon pangulu harus legowo dan bersifat membangun.

“Ya, itu betul. Kita harus mampu membangun nagori kita masing-masing. Jangan karena kita kalah jadi tidak mau terlibat di dalam pembangunan. Walaupun kalah, artinya hak kita untuk memimpin hanya tertunda untuk 6 tahun. Ke depan masih banyak waktu dan peluang yang akan dan harus kita juga terlibat didalamnya,” harap Girsang menyampaikan kepada seluruh calon pangulu.

Penutupan acara itu ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh calon pangulu beserta dengan berfose bersama antara calon pangulu, camat, kapolsek dan danramil.(Yoga) 
Share this article :

Post a Comment