. Biaya Pelantikan Pangulu Rp 7-10 Juta Per Orang, Sertijab Rp 300 Ribu | BeritaSimalungun
Home » » Biaya Pelantikan Pangulu Rp 7-10 Juta Per Orang, Sertijab Rp 300 Ribu

Biaya Pelantikan Pangulu Rp 7-10 Juta Per Orang, Sertijab Rp 300 Ribu

Written By Beritasimalungun on Friday, 26 August 2016 | 22:05

BeritaSimalungun.com, Jorlanghataran– Suasana serah terima jabatan 10 pangulu se-Kecamatan Jorlang Hataran tidak belangsung hikmah. Pasalnya, para pangulu ini dikutip uang sebesar Rp300 ribu dengan alasan untuk kebutuhan biaya serahterima jabatan.

Hal ini terungkap usai sertijab selesai digelar yang dilanjutkan dengan makan bersama. Ketika itu para pangulu ini diminta uangnya sebesar Rp300 ribu per orang oleh Kasi Pem Jhonny Damanik.

Menurut Jhonny kepada pangulu bahwa besaran uang tersebut ditetapkan oleh Camat Tigor MP Damanik. Namun, permintaan ini ditolak oleh para pangulu. Mereka beralasan, nilai uang yang diminta terlalu besar dan mereka hanya sanggup membayar Rp100 ribu.

Kepada koran ini, Jhonny Damanik mengakui bahwa pengutipan biaya serah terima jabatan terhadap 10 pangulu terpilih benar adanya.

“Kami minta partisipasi para pangulu terpilih untuk menangulangi biaya serah terima jabatan Pangulu pada hari ini (Rabu kemarin) senilai tiga ratus ribu rupiah. Tapi para pangulu tidak bersedia membayarkan biaya yang sebanyak itu melainkan hanya bersedia membayar  seratus ribu per orang,” ujarnya.

Uang tersebut kemudian dikumpul oleh salah seorang pangulu Nagori Dolok Parriasan Ronatio Silalahi dan kemudian diserahkan kepada Jhonny Damanik dengan jumlah Rp1 juta.

Kemudian Jhonny memberikan laporan kepada Camat Tigor MP Damanik. Akan tetapi, karena hanya Rp1 juta, camat menyarankan kepada Jhonny untuk mengembalikan dana tersebut kepada para pangulu.

Ditanyakan kenapa dikembalikan? Jhonny menjawab bahwa menurut camat lebih baik biaya serah terima jabatan itu ditanggung kecamatan kalau hanya Rp100 ribu kesediaan dari pada pangulu terpilih tersebut.

Beberapa pangulu terpilih yang tidak mau disebut namanya membenarkan hal tersebut. Mereka tidak bersedia membayarkan biaya serah terima jabatan karena besarannya mencapai Rp300 ribu.

“Kami keberatan dan tidak bersedia membayar biaya sebanyak itu. Kami telah mengumpulkan seratus ribu per orang guna biaya serah terima jabatan. Tetapi setelah kami serahkan kepada Kasi Pem ditolak dan tidak diterima dan uang tersebut itupun dikembalikan kepada kami,” ucap beberapa orang pangulu terpilih.

Mereka menambahkan, beban mereka cukup berat soal biaya. “Apalagi biaya pelantikan kami kemarin sebanyak Rp7 juta sampai dengan Rp10 juta. Kami tidak sanggup lagi dengan biaya serah terima jabatan sebanyak itu,” tutur salah satu pangulu terpilih ini.

Sementara Tigor MP Damanik yang coba dihubungi via telepon, tidak merespon. Pesan singkat yang dilayangkan mempertanyakan partisipasi dari pangulu yang baru sertijab Rp100 ribu yang dikembalikannya, sampai berita ini diturunkan belum dibalas.(Msc)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.