Home » , , , » Forum Orang Miskin Tolak Pemilihan Pangulu di Dolok Tomuan Simalungun

Forum Orang Miskin Tolak Pemilihan Pangulu di Dolok Tomuan Simalungun

Written By Berita Simalungun on Thursday, 11 August 2016 | 13:53

Pemilihan Pangulu Dolok Tomuan Diprotes Warga-Foto Rohmasni Sumbayak


Pemilihan Pangulu Dolok Tomuan Diprotes Warga-Foto Rohmasni Sumbayak

BeritaSimalungun.com, Raya-Pelaksanaan Pemilihan serentak Pangulu (Kades) se Kabupaten Simalungun Sabtu (6/8/2016) lalu ternyata tidak berjalan mulus. Banyak ditemukan kecurangan-kecurangan dalam proses pemilihan Pangulu tersebut.

Salah satunya kecurangan itu saat Forum Orang Miskin melakukan unjukrasa di Kantor DPRD Kabupaten Simalungun, Rabu (10/8/2016). Forum ini menuding kalau ada permainan oknum Panitia pelaksana dengan kandidat calon tertentu di pemilihan Pangulu di Nagori Dolok, Tomuan, Simalungun.

Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Johalim Purba menerima pengunjukrasa. Dia meminta agar bukti-bukti kecurangan itu bisa dilaporkan kepada pihak berwajib agar ditindak sesuai hukum yang berlaku. 

Dalam aksi yang dikoordinatori Lipen Simanjuntak tersebut, mereka menuntut supaya Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di Nagori Dolok Tomuan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun diulang. Pasalnya, pihaknya mengklaim bahwa banyak terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan pemilihan pangulu.

Dalam aksi tersebut, Personil Polres Simalungun melakukan pengamanan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Edi Bona Sinaga, SH. Adapun tuntutan yang diajukan oleh Formikom Siantar Simalungun ini adalah adanya diduga kecurangan-kecurangan dalam pelaksanakan Pilpanag.


Saat massa melakukan aksi di depan kantor BPMPN Simalungun tidak ada jawaban dari pihak BPMPN dan saat massa melakukan aksi unjuk rasa di kantor DPRD Simalungun, Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba mengatakan akan memanggil pihak terkait agar diklarifikasi masalah ini. “Kita akan panggil pihak terkait untuk mengklarifikasi ini,” ucap Johalim. (Rodo)

Share this article :

Post a Comment