}); Joki Tong Setan Itu Ternyata Karmila Purba dari Sondiraya Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Joki Tong Setan Itu Ternyata Karmila Purba dari Sondiraya Simalungun

Joki Tong Setan Itu Ternyata Karmila Purba dari Sondiraya Simalungun

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 23 August 2016 | 18:57











BeritaSimalungun.com, Masyarakat Simalungun patut berbangga memiliki seorang Putri (Boru) Simalungun yakni Karmila br Purba asal Sondiraya, Kabupaten Simalungun.

Perempuan pemberani pengendara sepeda motor Joki "Tong Setan" ini mengisahkan dirinya menekuni profesi pengendara "maut" di Trans 7 dalam Acara Hitam Putih, Selasa 23 Agustus 2016 malam. 

Keberanian Karmila Purba pemain Tong Setan asal Sondiraya, Simalungun ini mencatat sejarah perempuan Simalungun yang memiliki "nyali" sebagai pengendara motor "Tong Setan". 

"Tariluh do diri mangidah boru Purba par-Sondi Raya on. Pupus sudah cita-citanya utk sekolah dibidang musik krn orang tuanya tidak mampu menyekolahkannya. Ku pikir sayang sekali Energi mereka "tokoh-tokoh" Simalungun yg ada di dua kubu PMS(Partuha Maujana Simalungun) yang masih saja ribut. Alangkah baik dan mulia-nya jika energi ribut-ribut itu di konversi mencari/mengumpulkan dana utk membantu si Karmila ini dan mungkin masih banyak anak-anak muda Simalungun lainnya seperti Kamila. Ada niat tapi tak ada biaya. Marmalu ma nasiam PMS," tulis San Fransisco Saragih di akun Fbnya. 



Terkenal Usai Disorot The Guardian

Karmila Purba, Joki Balap 'Tong Setan' yang Terkenal Usai Disorot The Guardian
Karmila Purba saat beraksi mengendarai sepeda motor dengan berani di dalam Tong Setan 
Perkenalkan inilah srikandi asal Sumatera Utara yang menyedot perhatian dunia Internasional. Melalui aksinya sebagai joki balap motor 'Tong Setan’ atau Devil’s Barrel dalam karnaval tradisional di sebuah pasar malam keliling jadi dikenal dunia.

Dia lah Karmila Purba, perempuan pemberani asal Sondiraya, Kabupaten Simalungun.

Di usianya yang masih tergolong muda, 18 tahun, Karmila sudah melakoni pekerjaan sebagai joki balap keliling untuk mencari rezeki halal.

Namun yang membuat dia cukup unik adalah jarang seorang wanita mau mengemban pekerjaan yang lebih didominasi oleh kaum pria.

Aksi Karmila saat menyambar uang yang diberikan oleh penonton atas aksinya.
Hal ini lah yang melatarbelakangi Dedi Sinuhaji yang kini bekerja pada European Pressphoto Agency (EPA).


Berkat jasa Dedi lah Karmila Purba bisa dikenal oleh dunia internasional, banyak media luar negeri memuat berita tentangnya. Kendati telah putus sekolah dan pernah bergabung dengan anak jalanan, sosok Karmila telah cukup menarik perhatiannya.

"Karmila Purba, an 18-year-old female motorbike rider, draws crowds of spectators as she performs in a show known locally as ‘Tong Setan’, or Devil’s Barrel," tulis TheGuardian.

(Karmila Purba seorang pembalap perempuan sepeda motor berusia 18 tahun, menarik perhatian kerumunan penonton saat dia tampil di sebuah pertunjukan lokal 'Tong Setan' atau Devil’s Barrel).

Sementara itu agensi berita EFE milik pemerintah Spanyol menulis: "The crowds at the traditional night carnival in Deliserdang, North Sumatra, marvel at the daredevil motorbike riders who each night perform daring stunts inside a barrel known as 'Tong Setan', or 'Devil's Barrel'."

(Penonton dalam karnaval tradisional di Deliserdang, Sumatera Utara, mengagumi pembalap sepeda motor pemberani yang tampi setiap malam sebagai joki di dalam tong/barrel yang dikenal sebagai 'Tong Setan' atau Devil's Barrel).

Sebelumnya Dedi telah melakukan penjajakan terhadap sosok Karmila, dia mengaku telah mendengar namanya sewaktu tampil di Siantar.Namun karena keterbatasan waktu, dia tidak punya kesempatan untuk mengenal sosoknya.

Barulah setelah Karmila, tampil di Deliserdang, Dedi bisa berkesempatan bertemu dengannya. "Awalnya teman fotografer yang memberitahu dia sedang main di 'Tong Setan' aku tanya, dia main di mana? 'Di Marendal katanya', ku bilang mantab nih," katanya. (Berbagai Sumber/Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment