Info Terkini

10/recent/ticker-posts

*Presiden Jokowi: Hijaukan Kembali Kawasan Danau Toba

BeritaSimalungun.com, Parapat-Presiden Joko Widodo berpesan kepada pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar Danau Toba untuk menjaga dan memelihara kawasan Danau Toba agar tetap hijau. Hal ini disampaikan Presiden ketika berkunjung ke Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sabtu, 20 Agustus 2016.
Kehadiran Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di desa itu adalah untuk menghadiri sekaligus melakukan penanaman dalam acara penanaman 2.500 pohon bersama masyarakat Desa Parparean.
Tiba sekitar pukul 16.26 WIB, Presiden Joko Widodo dan rombongan disambut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus.
Dalam kesempatan ini, Presiden menanam bibit pohon durian lokal "Durian Sidikalang", sedangkan ibu Iriana menanam bibit pohon Mangga (Mangifera indica).
"Saya mengharapkan pemerintah daerah dan masyarakat juga ikut memelihara apa yang sudah ditanam, karena kita ingin ke depan nantinya seluruh perbukitan dan areal Danau Toba ini nantinya akan kita hijaukan total kembali," ujar Presiden Joko Widodo.
Lebih lanjut Presiden mengatakan, tanpa adanya partisipasi dari masyarakat, akan sulit untuk mewujudkan Danau Toba yang hijau. "Tanpa masyarakat ikut berpartisipasi, bergotong-royong, ikut bersama-sama menanam, sangat mustahil itu bisa kita lakukan," kata Presiden.
*Danau Toba : Destinasi Kelas Internasional*
Dalam sambutannya, Presiden juga menggarisbawahi program pemerintah untuk menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia untuk menjadi destinasi kelas dunia. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan membangun Bandara Silangit agar dapat disinggahi pesawat-pesawat berbadan lebar.
"Jadi kita berharap nantinya danau toba ini betul-betul menjadi sebuah tujuan wisata yang kelasnya tidak hanya kelas lokal, tidak hanya kelas domestik, tidak hanya kelas Indonesia, tetapi kelasnya kelas internasional," ujar Presiden.
Untuk itu Presiden Joko Widodo berjanji akan memperbanyak destinasi wisata di kawasan Danau Toba untuk lebih menarik lagi minat wisatawan. "Nantinya akan dibangun beberapa lokasi destinasi wisata berupa taman bunga, baik berupa tempat untuk konferensi, dan yang lainnya," ucap Presiden.
Demi terwujudnya program tersebut, Presiden Joko Widodo mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat dalam berbagai hal. "Memelihara, merawat dan melindungi apa yang sudah kita punyai, sehingga apa yang sudah kita rencanakan bersama ini nanti bisa terwujud," kata Presiden.
Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga memberikan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa 5 Pompa Air berkekuatan 7pk kepada Camat Porsea Elister Manurung dan 10 unit sepeda kepada Bupati Toba Samosir Darwin Siagian.
Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.
Selain itu tampak juga, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Anggota DPR Maruarar Sirait dan Anggota DPD Parlindungan Purba.(Rel)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments