Home » , » Presiden Tinjau Potensi Wisata Samosir

Presiden Tinjau Potensi Wisata Samosir

Written By Berita Simalungun on Sunday, 21 August 2016 | 19:19

BeritaSimalungun.com, Parapat-Mengawali hari ketiganya di Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016) pagi, Presiden Joko Widodo diagendakan mengunjungi Pulau Samosir untuk meninjau pengembangan potensi wisata yang ada di pulau ini. Selain itu, Presiden juga akan melakukan penanaman pohon bersama dengan masyarakat setempat.

Dari Parapat Kabupaten Simalungun, Presiden dan rombongan lepas sauh menuju Pelabuhan Tomok, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir. Perjalanan ke Samosir menempuh waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kapal cepat.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Selepas kegiatan di Samosir, Presiden dijadwalkan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT). Dalam acara tersebut, Presiden dan Ibu Iriana direncanakan untuk hadir dengan mengenakan pakaian adat Batak.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan persnya di Hotel Inna Parapat, Simalungun, Sabtu (20/8/2016) mengungkapkan kegiatan KKPDT yang merupakan puncak dari rangkaian perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini merupakan wujud komitmen Presiden Joko Widodo untuk memperluas rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI, sehingga atmosfernya juga terasa hingga ke luar Jawa.

Menteri Pariwisata optimistis kegiatan ini akan berdampak positif pada pengembangan wisata di kawasan Danau Toba yang memiliki keindahan alam dan budaya yang kaya serta berdaya tarik tinggi.

“Perhelatan KKPDT yang bertempat di kawasan Danau Toba ini merupakan gong bagi mulainya pengembangan pariwisata yang makin optimal kedepannya di kawasan ini,” kata Arief.

Kementerian Pariwisata, lanjut Arief, menargetkan mendatangkan satu juta wisatawan ke Danau Toba di tahun 2019, dan KKPDT merupakan langkah awal untuk mencapai hal tersebut.

Karnaval dan pesta rakyat di kawasan Danau Toba berlangsung selama dua hari, 20-21 Agustus, dan diikuti peserta dari 26 provinsi, 26 kabupaten dan kotamadya di provinsi Sumatera Utara, dan 7 kabupaten di kawasan Danau Toba. 

Kegiatan ini dilengkapi oleh panggung apung yang menampilkan musisi ibukota dan opera batak, parade perahu berhias lampu-lampu di malam hari, festival kuliner, serta karnaval sepanjang 3,5 km dengan jalur yang membentang dari Soposurung hingga Simpang Sibulele.

Sejumlah anggota Kabinet Kerja yang direncanakan untuk turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Rel-Setkab)
Share this article :

Post a Comment