}); Ribuan Peserta dari Aceh Sampai Papua Ramaikan Karnaval Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , , » Ribuan Peserta dari Aceh Sampai Papua Ramaikan Karnaval Danau Toba

Ribuan Peserta dari Aceh Sampai Papua Ramaikan Karnaval Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Saturday, 20 August 2016 | 17:11

Pelabuhan Sibolga 
BeritaSimalungun.com, Balige-Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut), menghadirkan sekitar 3.500 peserta dari berbagai provinsi, dari Aceh sampai Papua.

"Jumlah ini belum termasuk masyarakat sekitar yang menyaksikan kegiatan karnaval," ujar Koordinator Bidang Karnaval di acara “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”, Jay Wijayanto, Sabtu (20/8).

Jay mengatakan, ribuan peserta dari berbagai provinsi yang sudah mendaftarkan diri, menyatakan diri untuk turut dalam karnaval dengan berjalan sepanjang 3,5 kilometer tersebut.

Adapun titik start karnaval kemerdekaan itu dimulai dari Soposurung menuju Simpang Sibulele di Balige, Toba Saosir. Dalam karnaval itu menampilkan parade tari, musik, pakaian adat dari tujuh kabupaten sekitar Danau Toba.

Selain itu, karnaval ini juga mempersembahkan tarian khusus dari masyarakat suku Batak, yaitu Tortor Somba. Tarian ini dibawakan oleh Yayasan Pusuk Buhit dengan koordinator Sorimangaraja.

Ada juga Monsak, istilah dalam Batak Toba disebut pencak silat khas Toba. Seni bela diri ini ditampilkan dengan irama musik tabuhan gondang. Selain itu, ada juga UlubalangUlubalang dari Perguruan Naga Sakti.

Tujuh kabupaten di seputaran Danau Toba itu adalah Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Pakpak Bharat juga ikut meramaikan karnaval.

Sementara itu, peserta yang mengikuti karnaval yang sudah terdaftar itu dari Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Papua Barat dan Kalimantan Barat.

Ada juga peserta dari Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kegiatan karnaval yang berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (20/8) sampai, Minggu (21/8) tersebut, juga diramaikan dengan parade perahu hias, konser musik, tarian kontemporer, opera Batak dan kuliner rakyat.

Perayaan ini sebagai lanjutan dari perayaan HUT Kemerdekaan yang ditahun 2015 lalu dirayakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Perayaan Karnaval Khatulistiwa itu dihadiri oleh 4.000 peserta dari seluruh provinsi.(BSC)
Share this article :

Post a Comment