}); Calon Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar: Jangan Sudutkan Pendeta ! | BeritaSimalungun
Home » , » Calon Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar: Jangan Sudutkan Pendeta !

Calon Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar: Jangan Sudutkan Pendeta !

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 13 September 2016 | 07:31

Pdt Dr Robinson Butarbutar
BeritaSimalungun.com, Tarutung-Calon Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar meminta semua pihak supaya jangan menghujat dan menyudutkan para pendeta. Meski mungkin sebagai manusia biasa ada kelemahan yang manusiawi, maka tugas pimpinanlah untuk membina dan menggembalakannya. Sebab mereka adalah hamba Tuhan dengan tugas memberitakan fiman, melayankan sakramen, menggembalakan serta memimpin secara visioner dan strategis.

"Adalah tugas Ephorus menggembalakan para pemangku tugas HKBP, pendeta dan para kawan sekerjanya, untuk lebih menghayati panggilan mereka, menjadi teladan dalam spiritualitas dan sikap hidup sebagaimana janji mereka dalam penahbisan, serta meningkatkan kompetensi mereka dalam melaksanakan tugas utama mereka, yaitu memberitakan fiman, melayankan sakramen, menggembalakan serta memimpin secara visioner dan strategis," kata Robinson Butarbutar kepada wartawan SIB di Medan, Kamis (9/9) menanggapi adanya suatu pandangan terhadap pendeta menyangkut kisruh pemutasian.

Ketua Sekolah Pendeta HKBP yang mendapat dukungan luas menjadi calon Ephorus ini menyatakan jika terpilih maka akan menggelar retreat dan pelatihan-pelatihan serta pembinaan-pembinaa berjenjang dan berkesinambungan di dalam dan di luar negeri dengan memanfaatkan jejaring HKBP yang ada dan membangun yang baru. Studi formal dan informal akan saya fasilitasi," jelasnya.

Menurutnya, banyak bidang yang harus terus ditekuni dan mulai dipelajari secara baru. "Semuanya itu harus saya lakukan berdasarkan kasih sesuai Yohanes 21: 15-19. Kesabaran dan ketekunan serta kerendahan hati, karena mereka adalah para hamba Tuhan  yang sangat berharga. Saya yakin dengan usaha-usaha itu wibawa para pemangku tugas HKBP akan semakin dimampukan memenuhi marwah mereka sebagai hamba-hamba Tuhan yang berwibawa dan mampu menampakkan kuasa Allah dalam hidup dan pelayanan mereka, demi umat, anggota tubuh Kristus yang sangat dikasihiNya," paparnya.

Jika terpilih menjadi Ephorus, Robinson Butarbutar berkomitmen akan menjadi gembala yang komprehensif, yang memerhatikan kehidupan warga secara holistik, rohani dan jasmani. 

"Lewat kegiatan-kegiatan pemberdayaan ekonomi warga lewat kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan pemerintah lokal hingga pusat melalui pelatihan-pelatihan beraneka, karena wadahnya sudah ada yaitu gedung-gedung milik gereja dan pertemuan-pertemuan rutin mingguan," ujarnya.

Robinson Butarbutar juga berkomitmen menjadi Ephorus bagi seluruh jemaat HKBP. "Tidak sekadar Ephorus bagi jemaat kaya dan Ephorus uang, melainkan Ephorus yang mengedepankan kesederhanaan dan memberdayakan banyak umat  HKBP yang termarginal, miskin dan tak mampu meningkatkan keberdayaan mereka, serta berbeban berat serta tertindas," tegasnya.(SIB)
Share this article :

Post a Comment