Home » , » Calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Didaulat Berkhotbah di HKBP Pearaja

Calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Didaulat Berkhotbah di HKBP Pearaja

Written By Berita Simalungun on Tuesday, 13 September 2016 | 07:28

Pdt Dr Robinson Butarbutar menyampaikan doa berkat di HKBP Pearaja, Tarutung, Minggu (11/9/2016).Ist SIB
BeritaSimalungun.com, Tarutung-Calon Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar didaulat menyampaikan khotbah di HKBP Pearaja, Tarutung, Minggu (11/9/2016). 

Pelayanan Firman tersebut hanya sehari sebelum penyelenggaraan Sinode Godang. Peristiwa ini sangat langka dan memiliki makna khusus sebab pada hari Minggu (18/9) berikutnya, siapapun Ephorus terpilih akan dilantik di gereja bersejarah ini.

"Saya khotbah di sana atas undangan Pdt Sondang Simanjuntak, yang menjadi pendeta ressort HKBP Pearaja pada kebaktian 10.30 WIB, semua kursi jemaat penuh saat itu. Khotbah diambil dari 1 Timotius 2:12-17," kata Pdt Dr Robinson Butarbutar saat dikonfrmasi SIB di Tarutung, Senin (12/9/2016). 

Direktur Sekolah Pendeta HKBP ini mengaku sangat 'surprised' diundang melayani di HKBP Pearaja, yang berada di kompleks Kantor Pusat gereja terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Pdt Dr Robinson Butarbutar saat ditanya apakah itu akan menjadi pertanda bahwa dirinya akan terpilih menjadi Ephorus HKBP dalam Sinode Godang yang berlangsung 12-18 September 2016 tersebut, Ketua Komisi Teologi HKBP ini hanya tersenyum. Namun, dia mengakui tidak ada yang terjadi kebetulan, semuanya pasti memiliki makna khusus. 

"Bisa saja orang menafsirkan menurut versi masing-masing, saya hanya menyerahkan kepada Tuhan, jadilah kehendakNya," ujarnya.

Dalam khotbahnya di HKBP Peraraja tersebut, Pdt Dr Robinson Butarbutar menyebutkan, orang Kristen Batak harus bersyukur karena telah diselamatkan oleh Yesus Kristus yang datang untuk menebus dosa-dosa manusia. 

"Sebenarnya kabar baik tentang keselamatan oleh Yesus Kristus sempat bertahan di Eropa hampir 19 abad. Tetapi Tuhan menggerakkan hati orang-orang Kristen di Jerman, membawa kabar baik itu ke Tanah Batak," katanya di atas mimbar.

Kabar baik itulah yang diberitakan Rasul Paulus dalam suratnya ke Timotius. Bersyukur karena Tuhan memberi kepercayaan, pada era ini kepada orang Kristen Batak, untuk melayankan pekerjaan yang istimewa di hadapan Tuhan (diakonos). Untuk menjadi berkat bagi dunia. 

"Sama seperti Paulus, yang walau sebelumnya dia adalah pendosa besar, karena sempat mengejar, menganiaya dan memgambil nyawa orang-orang Kristen, dia kemudian diberi kepercayaan oleh Yesus Kristus. Pergi ke Kekaisaran Romawi, di Timur dan Barat, untuk memberitakan kabar baik, tentang Yesus yang datang menebus dosa-dosa manusia," paparnya.

Sebagai orang Kristen, harus bersyukur karena diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk mengerjakan pekerjaan khusus diakonos di potensi masing-masing. 

"Apakah petani kecil atau pengusaha, pelajar atau pekerja, di sana kita adalah diakonos Tuhan. Jadi tidak hanya dalam gereja, tetapi juga di luar gereja. Dengan begitulah kita setiap warga gereja orang Kristen menjadi berkat bagi dunia. Tidak ada alasan untuk tidak bersyukur bagi Tuhan, karena dia berkenan memakai kita," jelas Pdt Dr Robinson Butarbutar.

Usai ibadah, Pdt Dr Robinson Butarbutar didaulat foto bersama termasuk jemaat HKBP dari Tangerang yang saat itu sedang beribadah di HKBP Pearaja Tarutung.(SIB)
Share this article :

Post a Comment