Info Terkini

10/recent/ticker-posts

DPC - PMS DKI Jakarta Dilantik

Suara Simalungun Edisi 698 Hal 8
BeritaSimalungun.com-DPP/Presidium Partuha Maujana Simalungun melantik Dewan Pimpinan Cabang Partuha Maujana Simalungun (DPC-PMS) DKI Jakarta Sabtu 24 September 2016 di Rumah Adat Simalungun Taman Mini Indonesia Indah. Acara pelantikan tersebut dihadiri sekitar 500 orang warga Simalungun DKI Jakarta.


Sekjend DPP/Presidum PMS Djapaten Poerba BME mengatakan bahwa acara pelantikan PMS DKI Jakarta merupakan rangakian konsolidasi organisasi sesuai amanat Harungguan Bolon ke VIII Pamatang Raya. Konsolidasi organisasi akan terus dilakukan untuk semakin memantapkan organisisasi PMS. 

Djapaten Poerba mengatakan sebagai organisasi tertinggi etnis Simalungun PMS adalah wadah bagi cendikiawan Simalungun, diharapkan dalam PMS DKI Jakarta menjadi lokomotif untuk menjaga dan melestarikan adat Simalungun khususnya di DKI Jakarta.

Selanjutnya Djapaten Poerba BME mengajak seluruh warga Simalungun khususnya di DKI Jakarta untuk tetap bersatu dan jangan mau terpecah-pecah. Jika Simalungun tetap bersatu diharapkan banyak hal yang dapat dikerjakan untuk kemajuan Simalungun ujar Djapaten Poerba.

Sementara itu Ketua PMS DKI Jakarta John Asman Saragih mengatakan bahwa tugas utama PMS DKI Jakarta adalah menjaga adat dan tradisi Simalungun tetap tergaja dengan baik khususnya bagi warga Simalungun yang berada di perantauan DKI Jakarta. Dikatakan saat ini sudah banyak adat dan tradisi Simalungun mengalami pergeseran sehingga menjadi tugas utama PMS DKI Jakarta memelihara dan menjagannya.

Ditambahkan John Mejer Purba bahwa PMS DKI Jakarta tidak akan mencampuri urusan politik dan hendaknya warga Jakarta jangan mau dipecah belah pihak-pihak yang tak ingin Simalungun tetap bersatu. Melalui wadah PMS diharapkan seluruh warga tetap menjaga hubungan yang baik sesama etnis Simalungun.

Sementara itu Ketua DPP/Presidum PMS DR JR Saragih SH MM dalam sambutannya mengapresiasi terbentuknya PMS di DKI Jakarta dan diharapkan segera melakukan kerja nyata untuk memberdayakan adat dan tradisi Simalungun di DKI Jakarta. 

Dalam wadah PMS diharapkan semuanya bersatu padu dengan tujuan utama bagaimana agar Simalungun Na Majagiah sesuai thema Harungguan Bolon ke VIII di Raya.

Dalam kesempatan tersebut DR JR Saragih SH MM menekankan betapa pentingnya DPP/PMS melakukan kegiatan yang bersifat Penelitian dan Pengembangan adat dan tradisi Simalungun. Sebaiknya lebih dikonsentrasikan agar PMS semakin banyak melakukan penelitian dan seminar agar adat dan budaya Simalungun semakin berkembang. 

Dalam kesempatan tersebut DR JR Saragih SH MM mengajak agar warga Simalungun tetap menjaga persatuan dan jangan mau dipecah belah. Adapun susunan pengurus DPC-PMS DKI Jakarta adalah Ketua John Asma Saragih, Sekretaris Jarinsen Saragih dan Bendahara Albanus Sinaga. (Suara Simalungun Edisi 698 Hal 8)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments